SMPIT Masjid Syuhada Hadiri IHT Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Ngemplak

  • Friday, 10 March 2023
  • 444 views
SMPIT Masjid Syuhada Hadiri IHT Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Ngemplak

Kamis (9/3/2023) lalu, SMPIT Masjid Syuhada menghadiri acara In House Training (IHT) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diadakan SMP Negeri 2 Ngemplak, Sleman. Acara tersebut diikuti segenap guru dan Kepala SMP Negeri 2 Ngemplak serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.

Dari SMPIT Masjid Syuhada, Ustadzah Meilani Noor Khasanah dan Ustadz Dwi Purnomo diundang sebagai narasumber dalam acara tersebut. Ustadzah Meilani Noor Khasanah membawakan materi seputar asesmen diagnostik dan pembelajaran berdiferensiasi. Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Drs. Ery Widaryana, M. M., turut menyampaikan pembahasan seputar program Sekolah Penggerak dan Kurikulum Merdeka.

SMPIT Masjid Syuhada dijadwalkan akan kembali menjadi narasumber dalam kegiatan IHT di SMP Negeri 2 Ngemplak sesi berikutnya, Senin (13/3/2023) mendatang. Topik materi yang dibahas akan beranjak pada materi seputar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan prosedur asesmen dalam Kurikulum Merdeka.

SMPIT Masjid Syuhada sendiri mendapat amanah untuk menjadi salah satu Sekolah Penggerak Angkatan II di Kota Yogyakarta per Januari 2022. Program Sekolah Penggerak merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program Sekolah Penggerak ditujukan untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Sebagai informasi, program Sekolah Penggerak I telah terlaksana di Kabupaten Gunung Kidul pada tahun 2019 lalu. Setelahnya, Sekolah Penggerak Angkatan II menyasar Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta (termasuk SMPIT Masjid Syuhada di dalamnya). Sementara untuk sekolah-sekolah di Kabupaten Sleman akan diproyeksikan mengikuti Program Sekolah Penggerak Angkatan III.

Karenanya, sebagai salah satu Sekolah Penggerak, SMPIT Masjid Syuhada siap bekerjasama dalam memfasilitasi dan berbagi informasi kepada sekolah atau instansi-instansi terkait guna merealisasikan implementasi Kurikulum Merdeka beserta program-programnya. Dari proses tersebut, diharapkan SMPIT Masjid Syuhada dapat melaksanakan peran fungsionalnya sebagai Sekolah Penggerak serta mensukseskan visi dan misi dari Program Sekolah Penggerak itu sendiri dalam lingkup pendidikan yang lebih luas.[]