Pelaksanaan TPMBK 2023 di SMPIT Masjid Syuhada

  • Tuesday, 7 February 2023
  • 496 views
Pelaksanaan TPMBK 2023 di SMPIT Masjid Syuhada

Sesuai dengan agenda dalam kalender pendidikan tahun ajaran 2022/2023, SMPIT Masjid Syuhada menggelar Tes Pendalaman Materi Berbasis Komputer (TPMBK) bagi siswa kelas IX. Tes ini merupakan simulasi ujian pertama di tahun 2022 dan digelar serentak oleh sekolah-sekolah se-Kota Yogyakarta, mulai hari Senin (6/2/2023) sampai dengan Kamis (9/2/2023).

TPMBK tersebut memakai sistem CBT (Computer Based Test) secara daring. Para siswa mengerjakan ujian dengan perangkat komputer sekolah yang telah terkoneksi jaringan internet. Sebelumnya, para siswa kelas IX telah mengikuti simulasi pada hari Kamis (3/2/2023) lalu, sehingga mereka telah familiar dengan sistem yang dipakai.

TPMBK di SMPIT Masjid Syuhada dilangsungkan dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30-09.30 dan sesi kedua dimulai pukul 10.00-12.00. Terdapat tiga ruang ujian yang disediakan panitia. Setiap ruang akan didampingi seorang pengawas dan proktor yang akan membagikan token soal dan memfasilitasi para peserta ujian jika mengalami kendala teknis selama ujian berlangsung.

TPMBK ini adalah agenda simulasi ujian pertama di tahun 2023. Selanjutnya, akan diadakan TPMBK tahap kedua pada bulan Maret. Simulasi ujian semacam ini diperlukan para siswa agar lebih siap menghadapi ujian akhir. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mengukur sejauh mana pemahaman dan penguasaan siswa terhadap kisi-kisi materi ujian. Hasil dari TPMBK ini nantinya akan dipakai sebagai bahan evaluasi pembelajaran dan persiapan ujian lebih lanjut bagi siswa kelas IX.[]