Pelaksanaan ANBK Tahun 2022 di SMP IT Masjid Syuhada

  • Wednesday, 21 September 2022
  • 29 views
Pelaksanaan ANBK Tahun 2022 di SMP IT Masjid Syuhada

Setelah sepekan sebelumnya melangsungkan gladi bersih, per Senin-Selasa (19-20 September 2022) kemarin, SMP IT Masjid Syuhada menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). ANBK ini dilaksanakan dengan sistem daring dan diikuti sebanyak 45 siswa kelas 8.

Ada tiga ruang kelas yang di-setting menjadi ruang ujian ANBK. Setiap ruang sudah dilengkapi dengan sejumlah chromebook dan router wifi untuk memastikan adanya koneksi internet di ruang tersebut. Dalam setiap ruang, terdapat seorang proktor dan pengawas (yang berasal dari luar sekolah).

Proktor tersebut nantinya berperan dalam membantu memberikan token soal dan mengatasi kendala-kendala teknis yang mungkin muncul selama pengerjaan ANBK. Sementara pengawas ruang berperan membantu melengkapi presensi peserta ANBK dan memberikan informasi penjelas jika dibutuhkan.

ANBK sendiri merupakan agenda tahunan dari Kemendikbudristek untuk memetakan mutu dan memperoleh gambaran kondisi sekolah berdasarkan kualitas layanannya ANBK dilaksanakan selama dua hari, di mana hari pertama para siswa mengerjakan soal-soal literasi dan survei karakter. Sementara pada hari kedua, para siswa mengerjakan soal-soal numerasi dan survei lingkungan belajar.

ANBK tahun 2022 ini sempat terkendala masalah jaringan di server pusat. Beberapa kali peserta harus melakukan reset atau login ulang karena sistem di server pusat yang bermasalah. Ada pula sebagian siswa yang tiba-tiba keluar secara otomatis dari sistem sehingga mengganggu jalanya proses pengerjaan soal-soal ANBK. Bagi siswa yang terus-menerus mengalami kendala teknis saat mengerjakan ANBK, akan dijadwalkan mengikuti ANBK susulan pada hari Rabu-Kamis (21-22 September 2022).[]