Pentas Wayang Kulit Semarakkan Wisuda Akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada 2022

  • Monday, 20 June 2022
  • 92 views
Pentas Wayang Kulit Semarakkan Wisuda Akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada 2022

Minggu (19/6/2022) lalu, SMP IT Masjid Syuhada melangsungkan agenda wisuda akhirussanah kelas IX. Acara wisuda akhirussanah ini digelar di ballroom Tasneem Convention Hotel Yogyakarta. Segenap orangtua/wali murid, para siswa kelas IX, dan guru/karyawan SMP IT Masjid Syuhada hadir dalam acara tersebut. Turut hadir pula perwakilan dari Komite Sekolah, Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Masjid Syuhada, dan Pengawas Pembina dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Wisuda akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada kali ini, mengusung tema “Syuhada Muda Berilmu, Berakhlak, dan Berbudaya”. Sesuai dengan tema tersebut, setting lokasi wisuda dihias dengan berbagai atribut kesenian berlatar gunungan serta instrumen gendhing Jawa. Seperangkat gamelan dan wayang kulit juga dipasang di atas panggung utama.

Relevan dengan tema ‘berbudaya’, wisuda akhirussanah ini dimeriahkan oleh pertunjukan wayang kulit yang dibawakan oleh dhalang Sang Bathara Arka—salah satu siswa kelas IX SMP IT Masjid Syuhada. Arka beserta para wiyaga-nyamembawakan lakon Pandhawa Winisudha”.

Latihan yang intens dan jam terbang yang mumpuni membuat Arka mampu membawakan plot cerita, tembang, serta dialog antartokoh dengan luwes. Beberapa kali candaan (guyonan) antar-punakawan (Petruk Gareng, dan Bagong) berhasil mengundang gelak tawa para tamu undangan akhirussanah. Tentu saja, karena lakon Pandhawa Winisudha”tersebut sudah diadaptasi sedemikian rupa agar lebih mudah dicerna oleh para hadirin serta relevan dengan konteks acara wisuda yang dihelat SMP IT Masjid Syuhada.

Acara wisuda akhirussanah sendiri dimulai sekitar pukul 08.00. Acara dibuka dengan prosesi kirab wisuda, di mana kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan para wali kelas IX memasuki ruangan beserta para wisudawan-wisudawati. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah yang dibawakan oleh Anindya Nasywa dan Nanda Haura.

Usai sari tilawah, hadirin berdiri sejenak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Mars SMP IT Masjid Syuhada. Setelahnya, acara beranjak pada sesi pidato sambutan yang masing-masing dibawakan oleh Meilani Noor Khasanah, S. Pd. (Kepala SMP IT Masjid Syuhada), Prof. Dr. Hari Setiawan (Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Masjid Syuhada), dan Endang Triningsih, M. Pd. (Pengawas Pembina dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta).

Setelah itu, acara memasuki agenda inti yakni prosesi wisuda. Satu per satu wisudawan-wisudawati kelas IX dipanggil untuk maju. Sepuluh wisudawan-wisudawati peraih nilai tertinggi dalam ASPD 2022 mendapat kehormatan untuk menjadi kelompok pertama yang dipanggil dalam prosesi wisuda tersebut.

Usai prosesi wisuda, acara berlanjut ke sesi pembacaan ikrar alumni oleh ananda Muhammad Roihan dan penyampaian prakata kesan dan pesan dari para wisudawan yang diwakili perwakilan siswa dari tiap-tiap kelas. Prakata kesan dan pesan disampaikan lewat 4 bahasa, yakni bahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Masing-masing diwakili oleh Sang Bathara Arka—kelas 9A, Muhammad Farrel Audrey—kelas 9B, Meutia Novita—kelas 9C, dan Dhafirah Jaya Wita—kelas 9D.

Acara wisuda dilanjutkan dengan serah terima siswa kepada orangtua yang diwakili oleh Bapak Hartono—orangtua ananda Muhammad Farrel Audrey. Usai serah terima siswa, agenda wisuda beranjak ke sesi penghargaan kepada para siswa berprestasi. Ada 3 kategori penghargaan, yakni penghargaan bidang akademik, penghargaan bidang kesiswaan, dan penghargaan dalam bidang diniyah. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Arif Taba Nasuha dan diakhiri dengan pentas kreativitas siswa (pentas wayang kulit dan flashmob dari para wisudawan).[]