Rangkaian Agenda Pemilos dan Pembentukan OSIS SMP IT Masjid Syuhada Masa Bakti 2021/2022

  • 8 February 2021
  • 148 views
Rangkaian Agenda Pemilos dan Pembentukan OSIS SMP IT Masjid Syuhada Masa Bakti 2021/2022

Memasuki semester genap tahun ajaran 2021/2022, SMP IT Masjid Syuhada sudah merencanakan agenda pembentukan OSIS baru. Meski situasi masih dalam suasana pandemi COVID-19 dan kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) diberlakukan, pembentukan OSIS baru harus tetap berjalan.

Karena itu, sebagian besar proses seleksi OSIS kali ini dilakukan secara daring melalui aplikasi seperti Google Forms, Whatsapp Group, dan Zoom Meeting. Dalam proses seleksi anggota OSIS kali ini, terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui para peserta yaitu:

  • Tahap 1: pendaftaran melalui Google Forms
  • Pengumuman seleksi tahap 1 melalui Whatsapp Group
  • Tahap 2: tes wawancara via Zoom Meeting dan tes tertulis melui Google Forms
  • Focus Group Discussion (FGD), uji soal penalaran, tes psikologi via Zoom Meeting
  • Main Project via Zoom Meeting

Setelah melalui seluruh rangkaian proses seleksi tersebut, para calon anggota OSIS terpilih akan bergabung dengan ketua OSIS baru (yang dipilih melalui pemilos) guna menjalani latihan dasar kepemimpinan (LDK) secara daring. LDK tersebut rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Februari.

Pemilihan Ketua OSIS Baru (Pemilos)

Adapun agenda pemilihan ketua OSIS baru (Pemilos) juga dilaksanakan secara daring. Mulai dari tahap sosialisasi visi misi sampai fase elektoral, semuanya dilakukan secara daring via Google Forms dan Whatsapp Group.

Untuk pemilos kali ini, ada 3 kandidat ketua OSIS beserta wakilnya, yaitu:

  • Zidni Ilma Adisha (8D) dan Qinarsyah Maulana Atmadani (7B)
  • Muhammad Farrel Audrey (8B) dan Ali Zaenala Abidin (8A)
  • Fadhilah Hanan Nurhayyan (8B) dan Vania Sani Atmoko (8D)

Sebelum masuk ke fase elektoral, ketiga calon ketua OSIS beserta wakilnya diberi kesempatan untuk menyampaikan visi, misi, dan gambaran program-program unggulannya kepada para siswa melalui program Live IG: ’’Mengenal Lebih Dekat 3 Calon Ketua OSIS’’ 2021 (via Instagram) dan sosialisasi program melalui Whatsapp Group tiap kelas.

Program live-IG dilaksanakan Jumat dan Sabtu (29-30 Januari 2021) melalui akun instagram OSIS SMP IT Masjid Syuhada. Program tersebut dilaksanakan pukul 16.00-17.00. Program ini dibersamai oleh Kak Fauzul Zhahir (Ketua OSIS periode 2019/2020) dan Kak Rizqina (Wakil Ketua OSIS 2019/2020). Seperti judul programnya, live-IG ini ditujukan agar para pemilih (siswa maupun guru) dapat lebih mengenal para kandidat ketua OSIS.

Acara ini dikemas dalam bentuk bincang-bincang santai (talkshow) antara Kak Rizqina, Kak Zhahir, dan para kandidat ketua OSIS baru. Adapun topik-topik yang dibahas tidak hanya berkaitan seputar pemilos tapi juga opini masing-masing kandidat terhadap isu-isu aktual, baik dalam ranah akademik maupun non-akademik.

Sementara untuk agenda sosialisasi program, ketiga calon ketua OSIS dijadwalkan bergabung dalam Whatsapp Group tiap kelas untuk menyampaikan visi, misi, serta program-program unggulannya. Sosialisasi program ini diadakan tanggal 26-28 Januari 2021. Tahap ini dapat dikatakan sebagai sarana kampanye dan promosi guna mendulang suara di fase elektoral mendatang.

Fase elektoral dalam pemilos SMP IT Masjid Syuhada periode 2021/2022 dilaksanakan Senin (1/2) lalu. Pemilos kali ini memakai sistem e-vote via Google Forms. Link pemilihan dibuka mulai pukul 07.30-09.00. Segenap siswa dan dewan guru dapat berpartisipasi melalui e-vote tersebut guna menunaikan hak pilih dan mengirimkan suaranya.

Setelah pukul 09.00, link evote pemilos ditutup. Suara yang masuk direkapitulasi oleh tim admin pemilos. Dari hasil rekapitulsasi suara, paslon nomor 1 yakni Zidni Ilma Adisha dan Qinarsyah Maulana Atmadani meraih suara terbanyak dengan raihan 151 suara (46,7%). Disusul paslon nomor 2, Muhammad Farrel Audrey dan Ali Zaenala Abidin, dengan raihan 96 suara (30,3%), dan paslon nomor 3, 3.  Fadhilah Hanan Nurhayyan (8B) dan Vania Sani Atmoko (8D), dengan raihan 64 suara (19,8%). Sementara jumlah suara yang tidak sah sebanyak 8 suara (2,5%).

Berdasarkan hasil e-vote pemilos tersebut, secara demokratis, Zidni Ilma Adisha dan Qinarsyah Maulana Atmadani terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMP TI Masjid Syuhada periode 2021/2022. Semoga amanah dan terus aktif berkontribusi dalam setiap program kerjanya.[]