Fieldtrip SMP IT Masjid Syuhada 2022 ke Museum Gunung Merapi

  • Friday, 17 June 2022
  • 177 views
Fieldtrip SMP IT Masjid Syuhada 2022 ke Museum Gunung Merapi

Kamis, (16/6/2022) lalu, SMP IT Masjid Syuhada kembali melangsungkan agenda fieldtrip. Fieldtrip kali ini merupakan agenda yang pertama setelah tahun lalu agenda ini tidak bisa dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

Fieldtrip ini diikuti para siswa kelas 7 dan 8 dan segenap ustadz/ustadzah SMP IT Masjid Syuhada. Adapun destinasi yang dituju adalah Museum Gunung Merapi dan Gardu Pandang Kaliurang.

Di Museum Gunung Merapi, para siswa dapat mempelajari seluk-beluk gunung berapi teraktif di Pulau Jawa tersebut. Jika selama ini para siswa hanya mengenal Gunung Merapi dari fenomena erupsi atau letusannya, di museum tersebut para siswa bisa lebih mendalami kajian geologis Gunung Merapi, sejarah letusannya, sampai bagaimana upaya-upaya mitigasi bencana gunung berapi.

Sementara itu, kunjungan ke Taman Gardu Pandang Kaliurang ditujukan untuk kegiatan outdoor yang bersifat rekreatif-edukatif. Para siswa yang telah dibagi dalam kelompok-kelompok mengikuti serangkaian minigames serta mencoba beragam wahana outbond dan permainan tradisional.

Dalam fieldtrip kali ini, diadakan pula kompetisi daring berupa Mini Quizziz dan pembuatan vlog. Di akhir acara, diadakan pembagian doorprize bagi para siswa, termasuk hadiah bagi para pemenang lomba/minigames selama kegiatan fieldtrip.

Pada dasarnya, tujuan kegiatan fieldtrip ini adalah untuk menambah wawasan, pengetahuan, mempererat silaturahmi dan ukhuwah antarsiswa dengan guru, serta sebagai sarana refreshing bagi para siswa setelah sepekan sebelumnya berkutat dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Selain itu, fieldtrip ini juga diharapkan mampu menjadi wahana pembelajaran bersama bagi para siswa agar materi ajar yang selama ini diterima siswa di kelas menjadi lebih kontekstual dan dipahami relevansinya dengan kehidupan sehari-hari.[]