Pelaksanaan PP ASPD DIY di SMP IT Masjid Syuhada Tahun Ajaran 2021/2022

  • Monday, 21 March 2022
  • 1,205 view
Pelaksanaan PP ASPD DIY di SMP IT Masjid Syuhada Tahun Ajaran 2021/2022

Rangkaian agenda persiapan ujian bagi siswa kelas IX di SMP IT Masjid Syuhada terus berlanjut. Setelah pekan lalu siswa kelas IX melaksanakan TPM ASPD, mereka akan mengikuti Persiapan dan Pemantapan Asesmen Standarisasi Penilaian Daerah (PP ASPD). Kegiatan PP ASPD ini akan dilangsungkan selama empat hari ke depan, Senin-Kamis (21-24 Maret 2022).

Pelaksanaan PP ASPD ini menggunakan sistem daring (online) di sekolah. Setiap ruang akan didampingi oleh seorang pengawas serta proktor yang stand by di ruang teknisi. Proktor akan membagikan token soal serta menjadi penanggung jawab teknis ketika PP ASPD berlangsung. Sementara pengawas berperan dalam mengawasi, memandu, berkoordinasi dengan proktor, serta menjaga ketertiban siswa dalam mengikuti PP ASPD tersebut.

Suasana pelaksanaan PP ASPD DIY Tahun 2022 di SMP IT Masjid Syuhada (21/3/2022)

Untuk memaksimalkan penerapan protokol kesehatan, peserta yang mengikuti PP ASPD ini dibagi dalam dua sesi dan jumlah siswa yang berada di setiap ruangnya diatur jumlahnya (tidak lebih dari 15 siswa per ruang). Bagi siswa yang sudah selesai mengikuti PP ASPD ini dihimbau agar segera pulang ke rumah masing-masing untuk mencegah terjadinya kerumunan.

PP ASPD ini berfokus pada simulasi soal-soal ASPD empat mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Diharapkan, para siswa kelas IX dapat memanfaatkan PP ASPD ini sebagai ajang latihan guna mengukur sejauh mana kesiapan mereka sebelum mengikuti ASPD utama mendatang.

Raihan nilai ASPD memang tidak menjadi satu-satunya syarat penentu kelulusan, tapi nilai ASPD tetaplah penting sebagai salah satu persyaratan mendaftar sekolah di jenjang selanjutnya (SMA/SMK/MA/se-derajat).[]