Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun di SMP IT Masjid Syuhada Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Tuesday, 7 June 2022
  • 795 views
Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun di SMP IT Masjid Syuhada Tahun Pelajaran 2021/2022

Sesuai kalender pendidikan tahun pelajaran 2021/2022, SMP IT Masjid Syuhada melangsungkan Penilaian Akhir Tahun (PAT) selama sepekan, mulai hari Selasa (7/6/2022) sampai Selasa (14/6/2022). PAT kali ini dilangsungkan lebih awal satu pekan dibandingkan dengan rencana pelaksanaan sebelumnya yang diagendakan mulai tanggal 13 Juni 2022.

Dengan mempertimbangkan situasi terkini dan arahan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, PAT kali ini bisa dilaksanakan secara luring atau langsung. Karena itu, guna mendukung kelancaraan PAT, protokol kesehatan tetap diterapkan meski pandemi COVID-19 tampak sudah melandai.

Para siswa tetap mengenakan masker dan wajib mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti PAT 2021/2022

Untuk PAT kali ini, setiap siswa mengerjakan dua mata pelajaran per harinya. Pengecualian terjadi pada hari terakhir, di mana akan ada 3 sesi ujian (3 mata pelajaran) yang diujikan. Adapun soal PAT terdiri dari soal-soal yang berasal dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta—meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA; dan soal-soal yang dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran SMP IT Masjid Syuhada—meliputi mata pelajaran PJOK, SBK, Pkn, IPS, Bahasa Jawa, Bahasa Arab, Prakarya, dan Tahfidz.

Suasana PAT di salah satu ruang ujian di SMP IT Masjid Syuhada

Para wali murid atau pihak penjemput dimohon kerjasamanya agar bisa menjemput siswa tepat waktu. Tujuannya agar para siswa bisa segera pulang sampai ke rumah dan tidak berkerumun di sekitar sekolah. Selain itu, bagi para otangtua maupun wali murid dimohon adanya kerjasama dan sinergi dengan sekolah dalam rangka memantau dan mendampingi kegiatan belajar para putra-putrinya selama berada di rumah. Semuanya demi kelancaran pelaksanaan PAT serta raihan nilai para siswa secara maksimal.[]