Pelaksanaan ASPD Tahun Ajaran 2021/2022 di SMP IT Masjid Syuhada

  • Monday, 16 May 2022
  • 354 views
Pelaksanaan ASPD Tahun Ajaran 2021/2022 di SMP IT Masjid Syuhada

Seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, SMP IT Masjid Syuhada menghelat Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) yang dimulai hari ini, Selasa (17/5/2022) sampai Jumat (20/5/2022). ASPD ini diikuti segenap siswa kelas IX dan dilaksanakan di kompleks SMP IT Masjid Syuhada.

Meski pengerjaan ASPD dilakukan secara daring (online) para siswa tetap harus mengikuti ujian secara langsung di sekolah. Guna mencegah kerumunan, ASPD ini dilangsungkan dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30-09.10, sementara sesi kedua dimulai pukul 10.00-11.40. Pembagian sesi akan menerapkan sistem rotasi agar setiap siswa mendapat jatah mengikuti sesi 1 dan sesi 2 secara adil.

Berbagai bentuk persiapan sudah dilakukan sekolah demi mendukung kelancaraan pelaksanaan ASPD ini. Dari aspek pembelajaran, siswa kelas IX sudah dipersiapkan melalui kegiatan-kegiatan simulasi ujian dan tryout serta mengikuti Pendalaman Materi internal secara intensif bersama Ustadz/Ustadzah pendamping kelas IX. Secara khusus, kegiatan Pendalaman Materi Internal ini bahkan sudah dimulai sejak semester 1 lalu.

Setiap ruang ujian didampingi seorang pengawas dan seorang proktor guna menunjang kelancaran dan kondusivitas selama ujian berlangsung serta menangani kendala teknis yang mungkin terjadi

Sementara dari aspek sarana dan prasarana pendukung, sekolah telah memfasilitasi notebook/laptop sejumlah siswa yang akan mengikuti ASPD. Semua perangkat tersebut telah terkoneksi jaringan internet dan di-setting sedemikian rupa agar mudah dioperasikan oleh siswa saat mengikuti ASPD. Sekolah juga sudah menyiapkan notebook/laptop cadangan untuk mengantisipasi error atau kendala teknis pada saat ujian berlangsung.

Sebelum memasuki kompleks sekolah, setiap siswa diukur suhu tubuhnya dan dipastikan tidak sedang sakit. Setiap siswa juga diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, serta disiplin mencuci tangan.

Siswa mengerjakan soal ASPD secara daring di sekolah dengan perangkat laptop/notebook

Setelah mengikuti ASPD, para siswa dihimbau agar langsung pulang ke rumah masing-masing dan tidak berkerumun di sekitar kompleks sekolah. Karena itu, sekolah mengharapkan kerjasama dari pihak para orangtua/penjemput agar bisa menjemput siswa tepat waktu demi kelancaran proses penjemputan.

Sekolah juga mengharapkan keterlibatan aktif orangtua/wali dalam memantau aktivitas belajar siswa di rumah. Kiranya, dengan segala ikhtiar dan doa yang telah dilakukan, pelaksanaan ASPD tahun ajaran 2021/2022 ini dapat berjalan dengan sukses dan setiap siswa bisa mendapatkan hasil ujian yang optimal. Aamiin.[]