Pembelajaran Demokrasi dalam Pemilos 2022

  • Thursday, 3 November 2022
  • 85 views
Pembelajaran Demokrasi dalam Pemilos 2022

Sebagai bentuk regenerasi sekaligus pembelajaran demokrasi, SMP IT Masjid Syuhada menggelar rangkaian agenda Pemilihan OSIS untuk masa bakti 2022/2023. Pemilos tersebut bersifat terbuka bagi siswa kelas VII dan VIII.

Agenda Pemilos diawali dengan penjaringan calon anggota OSIS melalui pendaftaran secara daring via Google Forms mulai tanggal 12-19 Oktober 2022. Nama-nama yang telah mendaftar diseleksi melalui tes tertulis, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD) oleh Panitia Pemilos 2022. Seleksi ini juga ditujukan untuk menjaring calon kadidat ketua dan wakil ketua OSIS untuk masa bakti 2022/2023.

Dari proses tersebut, diperoleh 4 kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2022/2023, yakni: Wilman Arkana dan Hayfan Ali, Darren Arfa dan Tomzy Arzuleo, Kayana Fadhila dan Sarah Dibha, serta Chaket Ibtida dan Faras Cendani. Keempat kandidat tersebut mendapat kesempatan untuk melakukan sosialisasi visi, misi, dan berkampanye kepada para siswa (calon pemilih).

Untuk sosialisasi visi dan misi dilakukan secara daring via Zoom pada hari Jum’at (28/20/2022) lalu. Acara ini dikemas dalam format ‘ngobrol santai’ agar suasana diskusi lebih cair dan tidak kaku. Tujuannya adalah untuk mengenal lebih dekat para calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022/2023 beserta visi-misinya.

Sosialisasi visi, misi, dan program unggulan para kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS secara daring via Zoom Meeting

Setelah itu, satu hari sebelum pemungutan suara, para kandidat mendapat kesempatan untuk melakukan kampanye offline/langsung di sekolah. Dalam kampanye offline ini, setiap kandidat disilahkan untuk memasuki ruang-ruang kelas dan mengkampanyekan vii, misi, dan program-program unggulannya.

Pengambilan suara Pemilos 2022 dilaksanakan pada hari Selasa, (1/10/2022) di halaman depan SMP IT Masjid Syuhada. Sebanyak 4 bilik suara disediakan panitia Pemilos 2022. Pengambilan suara diikuti segenap warga sekolah—tidak hanya para siswa tapi juga diikuti oleh seluruh Ustadz/Ustadzah dan karyawan SMP IT Masjid Syuhada.

Proses pengambilan suara mengadaptasi pemilu pada ummnya. Setelah registrasi, setiap pemilih mendapat selembar kertas suara. Kemudian, pemilih disilahkan memasuki bilik suara untuk menggunakan hak pilihnya. Kertas suara lalu dimasukkan ke dalam kotak suara. Setelah itu, pemilih mengecap jarinya pada tinta sebagai bukti telah menggunakan hak pilihnya.

Kepala SMP IT Masjid Syuhada, Ustadzah Meilani Noor Khasanah, turut menggunakan hak pilihnya dalam Pemilos 2022 yang digelar Selasa, (1/10/2022) lalu.

Dari hasil penghitungan suara, pasangan Wilman Arkana dan Hayfan secara sah terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS untuk masa bakti 2022/2023. Keduanya sukses meraih 132 suara—unggul 53 suara dari kompetitornya di peringkat kedua (Kayana-Dibha). Proses penghitungan suara disaksikan langsung oleh segenap panitia Pemilos beserta para guru pendamping/pembina OSIS. Penghitungan suara juga disiarkan secara live melalui kanal Instagram OSIS SMP IT Masjid Syuhada.

Proses penghitungan suara oleh Panitia Pemilos 2022

Pemilos 2022 merupakan agenda rutin SMP IT Masjid Syuhada sebagai bentuk regenerasi sekaligus saran pembelajaran demokrasi di sekolah. Dalam Pemilos tersebut, setiap warga sekolah menggunakan hak pilihnya untuk menentukan Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Model pemilihan umum semacam ini tentu saja lebih demokratis dibandingkan dengan pemilihan melalui penunjukan langsung atau mufakat sekelompok pihak.

Bagi para siswa, proses pemilos ini dapat memberikan gambaran tentang prosedur pemilihan umum. Di masa mendatang, ketika para siswa telah cukup umur dan memperoleh hak pilih, mereka dapat menggunakan hak pilih tersebut secara bertanggungjawab, menolak golput, dan tidak termakan money politic.

Selain itu, bagi para kandidat ketua dan wakil ketua OSIS, mereka mendapat pengalaman penting dari proses berkampanye, bagaimana cara berorasi di depan publik, bagaimana membuat visi dan misi, serta bagaimana merencanakan program-program unggulannya. Semua itu menjadi semacam miniatur pendidikan demokrasi dari proses pemilu pada umumnya.

Pasangan WIlman Arkana dan Hayfan Ali terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS untuk masa bakti 2022/2023

Secara khusus, bagi Wilman Arkana dan Hayfan Ali, kami mengucapkan selamat dan semoga bisa mengemban amanah sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS untuk masa bakti 2022/2023 ini dengan baik. Sukses selalu bagi OSIS SMP IT Masjid Syuhada![]