Upacara Peringatan HARDIKNAS 2023 dan Syawalan Guru-Siswa Awali Kegiatan Akademik Pasca Libur Idul Fitri

  • Wednesday, 3 May 2023
  • 325 views
Upacara Peringatan HARDIKNAS 2023 dan Syawalan Guru-Siswa Awali Kegiatan Akademik Pasca Libur Idul Fitri

Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tanggal 2 Mei 2023, kegiatan di sekolah telah kembali berjalan pasca libur Idul Fitri. Mengawali dimulainya kembali aktivitas sekolah, SMPIT Masjid Syuhada menggelar upacara peringatan HARDIKNAS yang dilanjutkan dengan Syawalan Bersama guru dan siswa.

Sekitar pukul 07.00 upacara peringatan HARDIKNAS dihelat di halaman SMPIT Masjid Syuhada. Segenap ustadz/ustadzah dan siswa kelas VII-IX mengikuti upacara tersebut.

Dalam sesi amanat pembina upacara, Ustadzah Meilani Noor Khasanah membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, seputar HARDIKNAS. Peringatan HARDIKNAS tahun ini mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Seusai upacara peringatan HARDIKNAS, para siswa diarahkan menuju ruang utama Masjid Syuhada untuk mengikuti agenda syawalan guru dan siswa. Sebelum syawalan, para siswa menunaikan sholat Dhuha dan dzikir pagi bersama.

Dalam agenda syawalan guru-siswa kali ini, Ustadz Saepul Rahman, M. Ag., hadir memberikan kajian seputar Hikmah Syawal. Di akhir tausiyah, diadakan sesi tanya-jawab beserta pembagian doorprize. Agenda syawalan guru-siswa diakhiri dengan halal bihalal. Para siswa dan ustadz/ustadzah saling bersalaman dan bermaafan dalam iringan langkah mengitari ruang utama Masjid Syuhada.

Kiranya, agenda syawalan guru-siswa ini dapat menambah erat jalinan ukhuwah dan silaturahmi antarwarga SMPIT Masjid Syuhada serta menjadikan bulan Syawal ini menjadi lebih bermakna. Taqabballaahu minna wa minkum; ja’alanallah wa iyyakum minal ‘aidiin wal faiziin.[]