Parenting FORSIMA SMP IT Masjid Syuhada Bahas Peran Orangtua dalam Mewujudkan Karakter Islami pada Anak

  • Thursday, 29 September 2022
  • 158 views
Parenting FORSIMA SMP IT Masjid Syuhada Bahas Peran Orangtua dalam Mewujudkan Karakter Islami pada Anak

Sabtu (24/9/2022) lalu, FORSIMA SMP IT Masjid Syuhada melaksanakan agenda parenting dengan tajuk “Karakter Islami Anak, Bagaimana Peran Anda?” Acara tersebut dihelat di ruang utama Masjid Syuhada dan dihadiri segenap orangtua/wali siswa.

Para orangtua/wali murid SMP IT Masjid Syuhada dalam acara parenting FORSIMA, Sabtu (24/9/2022)

Fokus materi parenting FORSIMA kali ini adalah bagaimana peranan orangtua dalam membangun karakter islami pada anak. Narasumber utama dalam parenting FORSIMA tersebut adalah Haiyun Nisa, M.Psi.,—seorang staf pengajar Program Studi Psikologi di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Ustadzah Meilani Noor Khasanah saat memberian pidato sambutan dalam acara parenting FORSIMA SMP IT Masjid Syuhada, Sabtu (24/9/2022)

Di awal pemaparan materi, narasumber mengajak para peserta parenting untuk menengok kembali dinamika kehidupan pada masa remaja beserta corak kehidupan dunia remaja. Hal ini ditujukan agar para orangtua dapat belajar menempatkan diri mereka pada posisi sebagai remaja. Dengan begitu, segala problematika remaja bisa lebih dipahami dan dirunut alur logikanya.

Haiyun Nisa, M.Psi., narasumber utama dalam parenting FORSIMA, Sabtu (24/9/2022) membawakan materi tentang peranan orangtua dalam membangun karakter islami pada anak

Setelahnya, para peserta parenting diajak memahami terlebih dahulu apa itu karakter dan poin-poin apa saja yang harus diperhatikan dalam rangka membentuk karakter tersebut. Narasumber juga menyampaikan urgensi penerapan disiplin secara positif pada anak.

Dalam hal ini, penerapan disiplin secara positif tidak menjejali anak dengan banyak aturan dan larangan tanpa membuka ruang dialog pada anak. Anak harus memahami alasan di balik aturan atau larangan yang dibuat orangtua. Orangtua juga harus aktif meneladankan kedisiplinan—tidak sekedar membuat seabrek aturan dan larangan tapi justru tidak mematuhinya sendiri.

Beberapa kiat-kiat penting yang disampaikan narasumber terkait upaya membentuk karakter islami pada anak yaitu:
1. Konsisten dalam mendidik anak
2. Menyadari anak bukanlah “milik”, melainkan “titipan”
3. Berdamai dengan diri sendiri sebelum membentuk karakter anak
4. Didiklah anak sesuai dengan masa/zamannya.

Pemberian kenang-kenangan kepada narasumber utama acara parenting FORSIMA SMP IT Masjid Syuhada dengan topik peran orangtua dalam membangun karakter islami anak

Dalam acara parenting tersebut, tim ekskul hadroh SMP IT Masjid Syuhada tampil sebagai pembuka acara. Selain itu, ada pula penampilan dari tim ekskul Tari Ratoh Jaroe yang memukau para peserta parenting dengan ritmis dan koreografi gerakan tarinya yang khas.

Penampilan tim hadroh SMP IT Masjid Syuhada dalam acara parenting FORSIMA, Sabtu (24/9/2022)
Penampilan tim tari Ratoh Jaroe SMP IT Masjid Syuhada dalam acara parenting FORSIMA, Sabtu (24/9/2022)

Usai acara parenting, acara dilanjutkan dengan pembagian hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) yang pada awal bulan September lalu telah selesai dilaksanakan. Para orangtua/wali siswa mengambil hasil PTS pada masing-masing wali kelas.

Wali kelas membagikan hasil PTS Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 kepada orangtua/wali siswa pada acara parenting FORSIMA, Sabtu (24/9/2022)
Wali kelas membagikan hasil PTS Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 kepada orangtua/wali siswa pada acara parenting FORSIMA, Sabtu (24/9/2022)

Acara parenting ini merupakan salah satu program kegiatan FORSIMA. Salah satu tujuannya adalah memperluas wawasan para orangtua/wali murid seputar dunia parenting. Semoga melalui kegiatan ini, para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dan kian termotivasi untuk mengembangkan akhlak dan karakter putra-putrinya secara islami.[]