Pelaksanaan AGCU Tahun Pelajaran 2022/2023 di SMP IT Masjid Syuhada

  • Wednesday, 28 September 2022
  • 233 views
Pelaksanaan AGCU Tahun Pelajaran 2022/2023 di SMP IT Masjid Syuhada

SMP IT Masjid Syuhada kembali menyelenggarakan tes kemampuan akademik umum (AGCU) bagi para siswa kelas 7. AGCU (Academic General Check Up) kali ini dilangsungkan hari Senin-Selasa (26-27 September 2022) lalu di sela-sela waktu pelaksanaan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Sama seperti tahun lalu, AGCU tersebut dilaksanakan secara daring. Para siswa dengan smartphone masing-masing mengerjakan sejumlah tes kemampuan akademik. Durasi waktu pengerjaan adalah 90 menit.

Dilansir dari laman Eduprime, AGCU (Academic General Check Up) merupakan suatu program yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui kemampuan akademik dan karakteristik non akademik. Dalam AGCU, selain kemampuan mata pelajaran, juga diberikan tes untuk mengetahui gaya belajar dan kondisi psikologis siswa. Dengan AGCU, guru akan mempunyai data tentang nilai dan karakteristik siswa sehingga mampu membuat suatu program pembelajaran di kelas secara efektif dan efisien.

Tes AGCU tersebut dinilai mampu memberikan gambaran kepada guru tentang kemampuan dasar siswa. Dengan data hasil tes AGCU, guru dapat memanfaatkannya untuk menentukan metode pembelajaran, manajemen kelas, dan pendekatan-pendekatan pembelajaran apa yang cocok diterapkan. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.[]