Workshop Pemanfaatan Zoom dan Situs-Situs Penunjang Pembelajaran Daring

  • 2 July 2020
  • 162 views
Workshop Pemanfaatan Zoom dan Situs-Situs Penunjang Pembelajaran Daring

Meski Kota Yogyakarta sudah ditetapkan sebagai “zona hijau” virus Corona, kegiatan “Belajar di Rumah” (BDR) masih akan diperpanjang hingga beberapa bulan mendatang. Menyikapi hal tersebut, guru perlu dibekali dengan keterampilan khusus yang dapat dipakai untuk menunjang kegiatan BDR tersebut, utamanya dalam mengelola pembelajaran secara daring.

Pada hari Kamis (2/7), SMP IT Masjid Syuhada mengadakan workshop bertajuk pemanfaatan Zoom dan situs-situs penunjang pembelajaran daring. Workshop kali ini dapat dikatakan sebagai pengembangan dari workshop sebelumnya yang juga memakai program Zoom.

Tampil sebagai pemateri pada workshop kali ini adalah Bapak Puthut Ardianto—founder Savanna”danKepala Divisi Career Development Center LPKA UMY. Ada beberapa fitur Zoom yang dijelaskan oleh beliau, antara lain: fitur Sharing Screen, Recording, Virtual Background, dan bagaimana mengintegrasikan Zoom dengansitus penunjang pembelajaran daring.

Fitur Sharing Screen dipakai untuk membagikan tampilan layar desktop milik “Host” (guru) kepada “Guest” (siswa). Fitur ini bisa dipakai ketika guru mempresentasikan bahan ajar yang dimiliki, seperti slide Power Point, gambar, video, atau tutorial praktek langsung. Selama presentasi, guru dapat menambahkan Virtual Background untuk memberi gambar latar pada saat meeting berlangsung.

Sementara fitur Recording, dipakai untuk merekam meeting atau kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan dengan Zoom. Fitur ini cukup bermanfaat untuk mempermudah guru dalam mengulang presentasinya, tanpa mengadakan meeting baru lagi. Hasil rekaman (recording) akan terunduh dan tersimpan otomatis di laptop/komputer setelah guru selesai mengadakan meeting di Zoom. Guru dapat membagikan hasil rekaman tersebut kepada siswa yang membutuhkan penjelasan ulang.

Selain menjelaskan tentang fitur-fitur bawaan dari Zoom, Bapak Puthut Ardianto juga memaparkan tentang cara-cara mengintegrasikan Zoom dengan situs-situs penunjang pembelajaran daring. Adapun situs yang dijabarkan dalam workshop ini adalah Mentimeter.com, Padlet.com,  dan Canva.com.

Situs Mentimeter dan Padlet dapat dipakai guru pada saat memberikan umpan balik kepada siswa selama pembelajaran daring berlangsung. Situs-situs tersebut menyediakan beragam pilihan model kuis dan umpan balik (feedback) yang dapat langsung direspon/dikerjakan siswa secara real time. Dalam hal ini, umpan balik dari guru ditujukan untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi ajar dan atau kesan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran daring.

Sebagai pelengkap, Bapak Puthut Ardianto juga menjelaskan tentang situs Canva.com untuk memberikan alternatif tampilan slide Power Point agar lebih variatif, menarik, dan nyaman dilihat siswa. Untuk menggunakan ketiga situs tersebut, guru harus mendaftar (register) terlebih dahulu. Dengan workshop ini, kiranya guru dapat lebih terbekali dengan keterampilan penunjang untuk mengadakan pembelajaran secara daring dengan lebih optimal.