Pembuatan Google Classroom Bersama Menyongsong Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021

  • 5 January 2021
  • 39 views
Pembuatan Google Classroom Bersama Menyongsong Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021

Senin (4/1) kemarin, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan rapat koordinasi pembuatan Google Classroom bersama. Acara tersebut digelar di ruang kelas7A-7B dan dihadiri segenap ustadz/ustadzah SMP IT Masjid Syuhada.

Rapat koordinasi ini adalah bentuk persiapan lanjutan menyongsong pelaksanaan pembelajaran di semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pemakaian aplikasi Google Classroom untuk semester genap ini mengalami sedikit perubahan dan sinkronisasi, di mana fokus utama pengelola Google Classroom dialihkan kepada guru pengampu mata pelajaran masing-masing.

Perubahan tersebut dinilai lebih efektif agar beban teknis wali kelas—yang sebelumnya menjadi pengelola pokok Google Classroom—bisa dikurangi. Sistem yang baru ini menempatkan setiap guru mata pelajaran untuk hanya mengelola mata pelajaran dan kelas yang diampunya saja. Sementara wali kelas lebih berfokus pada pengelolaan siswa di forum Whatsapp Group serta menjembatani komunikasi guru mata pelajaran dengan siswa.

Selain itu, perubahan sistem pada aplikasi Google Classroom ini menjadikan seluruh bahan ajar dan interaksi guru mata pelajaran dengan siswa yang diajar menjadi lebih privat. Baik guru maupun siswa hanya dapat melihat konten bahan ajar dan jejaring perpesanan pada mata pelajaran yang diikuti.

Dengan begitu, setiap guru diharapkan dapat lebih leluasa mengembangkan bahan ajar dan penugasan yang akan diunggah dalam Google Classroom. Sementara bagi siswa, meski sistem yang baru ini mengharuskan mereka mengikuti lebih banyak ‘Kelas’ di Google Classroom, mereka dapat lebih mudah untuk bertanya atau mencari tugas-tugas yang harus dikerjakan karena semuanya sudah tertampung dalam satu wadah ‘Kelas’ di Google Classroom untuk setiap mata pelajarannya.[]