Workshop Pembuatan Modul Pembelajaran Awali Tahun 2021

  • 6 January 2021
  • 48 views
Workshop Pembuatan Modul Pembelajaran Awali Tahun 2021

Penggunaan modul pembelajaran sudah diintegrasikan dengan pembelajaran daring di SMP IT Masjid Syuhada pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 lalu. Modul pembelajaran dibagikan secara luring setiap awal pekan setiap bulannya. Modul pembelajaran tersebut salah satunya ditujukan untuk mengurangi interaksi siswa dengan gadget serta mendorong aktivitas literasi siswa selama belajar di rumah.

Agar modul luring yang dibagikan dapat dimanfaatkan secara efektif, tentu saja modul tersebut harus disusun sedemikian rupa dengan memperhatikan kaidah-kaidah penyusunan modul yang berkualitas. Dengan begitu, program modul luring yang telah berjalan pada semester lalu, tidak hanya menjadi menu pelengkap, melainkan bisa menjadi variasi bahan ajar yang dapat dioptimalisasikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa.

Atas dasar tersebut, Selasa (5/1) kemarin, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan workshop pembuatan modul pembelajaran. Acara ini diampu oleh narasumber Dra. Endang Tri Ningsih, M. Pd. selaku pengawas pembina dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Acara tersebut diadakan di ruang kelas 7A-7B di kompleks SMP IT Masjid Syuhada dan dihadiri segenap ustadz/ustadzah SMP IT Masjid Syuhada.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, program pengadaan modul pembelajaran pada semester berikutnya dapat lebih meningkat dan efektif dalam membantu peserta didik meraih hasil belajar yang optimal. Selain itu, terkhusus para ustadz/ustadzah dapat meningkat wawasannya dalam menyusun modul pembelajaran sesuai kaidah-kaidah pokok yang telah ditentukan, baik secara administratif maupun edukatif.[]