Rapat Evaluasi dan Pembuatan Program Kerja Semester Genap 2020/2021

  • 24 December 2020
  • 32 views
Rapat Evaluasi dan Pembuatan Program Kerja Semester Genap 2020/2021

Menyongsong semester genap yang akan segera dibuka pasca libur semester ganjil ini, sudah semestinya persiapan dilakukan dengan matang dan jauh-jauh hari sebelumnya. Apalagi di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti ini. Beberapa program kerja harus didesain sedemikian rupa agar lebih adaptif sehingga tetap dapat terlaksana dengan efektif.

Karena itu, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan rapat evaluasi dan pembuatan program kerja semester genap untuk tahun ajaran 2020/2021. Rapat evaluasi dan pembuatan program kerja ini diadakan selama tiga hari, Senin-Rabu, 21-23 Desember 2020, bertempat di ruang kelas 7A dan 7B. Rapat tersebut dihadiri oleh segenap ustadz/ustadzah dan karyawan SMP IT Masjid Syuhada.

Rangkaian rapat tiga hari ini dibuka dengan sambutan dari Ustadzah Meilani Noor Khasanah selaku Kepala SMP IT Masjid Syuhada. kemudian, dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan Ustadz Arif Taba Nasuha (pada hari pertama) dan Ustadz Tarmidzi Taher (pada hari kedua).

Rapat hari pertama memfokuskan pembahasan pada penyampaian evaluasi program kerja semester ganjil. Pada kesempatan ini, setiap koordinator bidang menyampaikan hasil evaluasinya masing-masing secara bergiliran. Rinciannya, evaluasi program bidang kesiswaan disampaikan oleh Ustadz Yazid Asrori. Dilanjutkan oleh penyampaian evaluasi program bidang diniyah oleh Ustadz Arif Taba Nasuha. Kemudian evaluasi program bidang kurikulum oleh Ustadzah Yamidah. Dilanjutkan evaluasi program bidang sarana prasarana oleh Ustadz Dwi Purnomo.

Untuk setiap sesi evaluasi ini, para peserta rapat disilakan untuk memberikan responsi jika ada. Tujuannya agar setiap program kerja, baik yang telah terlaksana maupun belum terlaksana dapat dievaluasi bersama—apa saja kendala yang dihadapi, permasalahan apa saja yang ditemui dalam pelaksanaannya, dan bagaimana merevisi program tersebut agar lebih baik ke depannya.

Pada rapat hari kedua, agenda utama kegiatan adalah penyusunan program kerja semester genap. Setiap peserta rapat dikelompokkan ke dalam kelompok kecil yang terdiri atas bidang kerja masing-masing (telah ditentukan sebelumnya). Setiap bidang ini, meliputi bidang akademik, kurikulum, sarana prasarana, diniyah, serta bidang pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan. Rapat kecil ini dipimpin oleh seorang koordinator untuk setiap kelompok bidang.

Rapat kelompok bidang ini diadakan sekitar satu setengah jam. Seusai rapat, setiap perwakilan kelompok bidang mempresentasikan program kerjanya masing-masing. Dan seperti yang dilaksanakan pada hari pertama, pada sesi tersebut setiap peserta rapat disilakan untuk memberikan responsi jika ada.

Pada rapat hari ketiga, agenda yang dilaksanakan adalah finalisasi program kerja yang telah disusun dan dipresentasikan masing-masing bidang. Rapat pada hari ketiga ini berfokus pada diskusi dan tanya jawab untuk membahas program-program kerja yang dirasa perlu untuk dibahas bersama secara mendalam.[]