Lomba MTQ Internal Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H

  • 2 November 2020
  • 202 views
Lomba MTQ Internal Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H Salah satu penampilan peserta lomba MTQ Internal dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H 28-= dan 30 Oktober 2020 lalu

Dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW tahun 1442 Hijriyah, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan lomba MTQ Internal. Kegiatan ini diselenggarakan tanggal 28-30 Oktober 2020 lalu.

Ada 8 cabang lomba yang dihelat pada MTQ internal kali ini, yakni lomba MHQ, MTQ, Saritilawah, Nasyid, Berkisah, Adzan, CCA, dan Kaligrafi. Lomba ini diikuti oleh perwakilan setiap kelas dari jenjang kelas VII-IX.

Proses seleksi awal perlombaan dilakukan secara daring untuk memilih sejumlah finalis yang akan bertanding langsung di sekolah. Adapun dewan juri pada lomba MTQ internal ini diampu oleh para ustadz dan ustadzah pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan diniyah.

Para finalis yang terpilih dari setiap cabang lomba diundang langsung ke sekolah untuk bertanding. Karena sedang dalam masa pandemi COVID-19, demi bisa optimal menjaga jarak dan memenuhi protokol kesehatan, babak final lomba MTQ Internal digelar dalam dua sesi. Sesi pertama tanggal 28 Oktober—untuk babak final lomba MHQ, MTQ, Saritilawah, Nasyid, dan Berkisah. Sementara sesi kedua digelar pada tanggal 30 Oktober—untuk babak final lomba CCA, Adzan, dan Kaligrafi.

Para peserta yang hadir langsung ke sekolah wajib mengenakan masker dan face shield selama mengikuti perlombaan. Selain itu, aturan jaga jarak minimal 1,5 meter juga diterapkan untuk keamanan. Meski demikian, jalannya perlombaan tetap berlangsung secara kondusif dan para peserta juga antusias untuk menampilkan karya terbaik serta penampilan primanya.

Semoga, dengan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih bertaqwa, terus belajar meneladani akhlaq beliau, serta menjadikannya teladan dan panutan dalam menjalani kehidupan ini.[]