SMP IT Masjid Syuhada Siapkan Modul Luring untuk Kurangi Paparan Radiasi Gadget

  • 1 October 2020
  • 46 views
SMP IT Masjid Syuhada Siapkan Modul Luring untuk Kurangi Paparan Radiasi Gadget

Sudah setengah tahun lebih pembelajaran jarak jauh secara daring dilakukan. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, peserta didik dihadapkan pada keharusan untuk mengikuti serangkaian pembelajaran daring yang telah disiapkan sekolah.

Pembelajaran daring semacam ini mengharuskan peserta didik berkontak dengan gadget secara intens, baik laptop maupun smartphone. Hal inilah yang kemudian menimbulkan kekhawatiran, khususnya para orangtua dan wali murid, terkait resiko paparan radiasi dari perangkat digital yang dipakai peserta didik untuk mengikuti pembelajaran daring.

Menyikapi hal tersebut, SMP IT Masjid Syuhada merencanakan pembuatan modul luar jaringan (luring) sebagai alternatif solusi. Pada dasarnya, modul luring ini merupakan bahan ajar yang sudah dipadatkan dan dibukukan sebagai bahan belajar peserta didik di rumah. Muatan dari modul sudah mencakup semua bahan ajar dan materi yang akan disampaikan guru untuk satu kali pertemuan.

Setiap guru mata pelajaran membuat satu modul untuk setiap jenjang kelas yang diampunya. Dalam hal ini, hanya akan ada satu modul untuk setiap mata pelajaran dan setiap jenjang kelas. Selain uraian materi, modul sudah dilengkapi dengan identitas mata pelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi (IPK), tujuan pembelajaran, dan latihan-latihan soal/penugasan. Modul luring ini rencananya akan mulai dibagikan pada minggu pertama bulan Oktober dan insya Allah akan berlanjut pada bulan-bulan mendatang.

Selain untuk mengurangi paparan radiaasi gadget, penggunaan modul luring ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Di tengah era digitalisasi media seperti sekarang, minat peserta didik terhadap bacaan fisik menjadi berkurang. Dari segi penampilan dan kepraktisan, media baca digital memang lebih unggul.

Namun bacaan luring seperti buku, novel, majalah, dan koran juga memiliki kelebihan tersendiri yang misalnya dari segi kedalaman pembahasan, objektivitas, serta proses pengolahan informasi ke dalam pikiran secara lebih mendalam.

Terkait teknis dan waktu penyerahan modul luring ini akan diserahkan pada kebijakan wali kelas masing-masing. Penyerahan modul luring ini nantinya akan digabung dengan penyerahan hasil PTS yang telah dilaksanakan dua minggu yang lalu.[]