Kegiatan Fieldtrip di Masjid Gedhe Kauman dan Makam Imogiri Bantul

  • Friday, 20 September 2019
  • 1,008 view
Kegiatan Fieldtrip di Masjid Gedhe Kauman dan Makam Imogiri Bantul

Sebagai sarana memperkaya pengalaman belajar, Selasa 19 November 2019 lalu, para peserta didik kelas VII dan VIII SMP IT Masjid Syuhada mengikuti kegiatan fieldtrip. Kunjungan fieldtrip kali ini mengusung kajian yang agak berbeda dengan kunjungan fieldtrip sebelumnya. Fieldtrip kali ini menekankan objek kajian yang lebih bernuansa historis, yakni makam raja-raja Mataram di Imogiri dan Masjid Gede Kauman Yogyakarta.

Kegiatan fieldtrip ini dibagi dalam dua kloter, kloter putra dan putri. Masing-masing kloter akan mengkaji dua objek tersebut secara bergantian. Kloter putra mendapat jatah berkunjung ke makam Imogiri terlebih dahulu, lalu ke Masjid Gedhe Kauman. Sedangkan kloter putri berlaku sebaliknya. Selama kegiatan fieldtrip, para peserta memperoleh lembar kerja yang nanti harus dikerjakan di setiap lokasi objek fieldtrip. Di setiap objek fieldtrip, mereka akan didampingi oleh seorang narasumber di setiap lokasi. Para peserta didik ditugasi untuk mengumpulkan informasi tentang dua objek yang dikunjungi, baik melalui informasi narasumber maupun hasil pengamatan (observasi) langsung di lokasi. Informasi yang harus dicari tahu oleh para peserta didik antara lain aspek historis dari objek fieldtrip serta kondisi fisik dan tata bangunannya.

Harapannya, melalui kegiatan fieldtrip ini para peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih konstruktif, kontekstual, dan kreatif dalam mengasah rasa ingin tahu dan kreativitas belajar mereka. Aspek-aspek tersebut tentu saja sulit ditemukan melalui pembelajaran klasikal yang terbatas dengan objek-objek di dalam kelas. Karenanya, dengan kegiatan fieldtrip ini, peserta didik mendapat pengalaman belajar yang baru yang lebih berkesan sehingga mempermudah mereka dalam mengingat dan menghubungkan pengalaman tersebut dengan materi yang dipelajari di kelas.