Workshop Pembuatan RPP bagi Guru SMP IT Masjid Syuhada

  • Saturday, 15 February 2020
  • 902 views
Workshop Pembuatan RPP bagi Guru SMP IT Masjid Syuhada

Salah satu indikator kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional seorang guru adalah kecakapannya dalam menyusun perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP adalah modalitas dasar bagi para guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Karena itu, silabus dan RPP adalah acuan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sekaligus standar kualitas bagi guru yang akan mengajar.

Sayangnya, penyusunan perangkat pembelajaran tidak selalu sederhana dan mudah. Ada saja perubahan-perubahan dan pembaruan format yang terkadang luput dari perhatian para guru. Mengingat perangkat pembelajaran sebagai salah satu bukti fisik akreditasi, penting kiranya untuk menyiapkan para guru agar lebih kompeten dan menguasai kaidah-kaidah penyusunan perangkat pembelajaran terbaru secara komprehensif.

Mengingat pentingnya menyusun perangkat pembelajaran, SMP IT Masjid Syuhada menggelar workshop pembuatan RPP bagi para guru SMP IT Masjid Syuhada. Workshop tersebut digelar pada hari Sabtu (15 Februari 2020), bertempat di Homestay Success, Kasihan, Bantul. Pemateri pada workshop tersebut adalah pengawas pembina SMP IT Masjid Syuhada, Dra. Endang Triningsih, M. Pd.

Dalam workshop tersebut, guru tidak hanya mendapat materi tentang penyusunan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP, tapi juga mempraktekkan langsung teori yang telah disampaikan pemateri. Para peserta workshop diminta membuat sampel RPP yang kemudian dibahas bersama dalam forum diskusi. Dengan begitu, para guru dapat lebih mudah memahami seperti apa perangkat pembelajaran yang baik dan benar itu.

Diharapkan, workshop tersebut dapat menambah wawasan dan kemampuan para guru SMP IT Masjid Syuhada dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. Dengan perangkat pembelajaran yang bagus, tujuan akhir pembelajaran yang optimal tentu saja lebih mudah untuk dicapai. Dan muara akhir dari segenap proses pembelajaran adalah demi peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan itu sendiri.