Kegiatan Outbond di Desa Wisata Kelor Sleman

  • Tuesday, 8 October 2019
  • 669 views
Kegiatan Outbond di Desa Wisata Kelor Sleman

Sepekan setelah penilaian tengah semester (PTS) dilaksanakan, tepatnya hari Selasa 7 Oktober 2019, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan kegiatan outbond. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan SMP IT Masjid Syuhada yang dilaksanakan sebagai bentuk refreshing bagi siswa setelah sepekan sebelumnya berkutat dengan penilaian tengah semester.

Kegiatan outbond kali ini dilaksanakan di Desa Wisata Kelor, Sleman. Kegiatan tersebut diikuti oleh 228 siswa kelas VII-IX dan 31 guru pendamping. Rombongan peserta outbond bertolak dari sekolah sekitar pukul 07.30 menuju lokasi dengan menggunakan 6 armada bus.

Dalam kegiatan outbond para siswa dibagi menjadi berkelompok-kelompok dan diharuskan menyelesaikan berbagai misi permainan. Bapak Ibu guru pendamping juga ikut membuat kelompok sendiri dan mencoba berbagai wahana outbond yang disediakan di sana.

Meski dikemas dalam bentuk permainan, kegiatan outbond tidak melulu bersifat having fun atau sekedar bersenang-senang tanpa maknaDalam kegiatan tersebut, semua peserta diharuskan mentaati sejumlah peraturan tertentu dan menyelesaikan berbagai misi dalam setiap permainan.

Jenis-jenis permainan yang ditawarkan dalam kegiatan outbond kali ini antara lain Balance Ball, Pass the River with The Box, Pull or Down, Fill the Pipe, dan Balance Log. Setiap permainan mengkondisikan para siswa utnuk mengembangkan kecakapan sosial-emosionalnya seperti kerja sama tim, keberanian, ketangkasan, kecerdasan, dan kepercayaan terhadap rekan setim. Selain itu, kegiatan outbond juga ditujukan agar siswa dapat lebih menghormati dan menghargai orang lain, melatih tanggung jawab, melatih kerjasama, dan meningkatkan motivasi berkompetisi siswa secara positif.