Teacher Parents bersama Wirausahawan Kopi dan Kisah Suksesnya

  • Saturday, 8 February 2020
  • 713 views
Teacher Parents bersama Wirausahawan Kopi dan Kisah Suksesnya

Aktivitas meminum kopi dewasa ini telah menjadi tren di kalangan generasi milenial. Kopi tidak lagi diidentikkan sebagai minumannya “orang-orang tua” tapi telah menyasar menjadi komoditi pasar yang menyasar kalangan anak muda. Karenanya, kopi-kopi yang beredar di pasaran dikemas secara kreatif baik dari cita rasa maupun penyajiannya.

Populasi kafe-kafe yang menyediakan kopi untuk kalangan millenial pun semakin hari semakin banyak. Konsep dan menu kafe juga dibuat semakin variatif. Meski potensi ceruk keuntungannya cukup menjanjikan, persaingan usaha di bisnis kopi tidak kalah ketat. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas, kerja keras, dan wawasan enterpreneurship yang memadai agar bisa survive menjalankan bisnis kopi.

Jumat 7 Februari 2020 lalu, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan sesi Teacher Parents untuk peserta didik kelas VII. Teacher Parents kali ini mengusung tema “Edukasi Kopi Sejak Dini Lahirkan Pengusaha Muda Bertaqwa”. Sejalan dengan tema, acara ini menghadirkan pembicara dari “JUNIO Coffee”—seorang wirausahawan sekaligus barista profesional yang telah berpengalaman dalam dunia perkopian.

Dalam Teacher Parents ini, pembicara memaparkan materi tentang seluk beluk kopi, bagaimana membuat minuman kopi yang enak (mulai dari pemilihan bijih kopi, pemasakan, hingga penyajian), alat-alat apa saja yang dipakai dalam pengolahan kopi, serta bagaimana kiat-kiat menjalankan bisnis kopi.

Teacher Parents merupakan alternatif kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk menambah wawasan peserta didik di luar konteks materi belajar formal. Jika di kelas peserta didik biasa mempelajari kopi dari perspektif kajian IPA atau prakarya, melalui Teacher Parents ini mereka dapat menyimak langsung bagaimana cara menyulap kopi menjadi sebuah lahan bisnis yang menguntungkan. Semoga dengan kegiatan ini, peserta didik dapat terbuka wawasannya dan memberi tambahan motivasi untuk menjadi wiraswasta yang bertaqwa dan sukses di masa mendatang.