GLS #9: Belajar Kreasi Seni Kaligrafi

  • Saturday, 8 February 2020
  • 1,421 views
GLS #9: Belajar Kreasi Seni Kaligrafi

Sebagai rangkaian kegiatan GLS (Gerakan Literasi Syuhada), Jumat 7 Februari 2020 lalu, Tim Literasi SMP IT Masjid Syuhada mengagendakan kegiatan membuat karya seni kaligrafi bagi para peserta didik.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Ustadz Ihsan Febriyanto sebagai guru pendamping di kelas yang memaparkan cara membuat kaligrafi dengan teknik Khot Diwan dan Nasikh. Peserta didik dibebaskan untuk menyediakan sendiri perlengkapan membuat kaligrafi, seperti pensil, spidol, kertas, dan pewarna. Peserta didik cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Hasil karya kaligrafi peserta didik yang telah selesai dibuat, dikumpulkan dan sebagian didokumentasikan untuk “memorabilia” tim literasi. Kegiatan ini dimulai sejak jam pertama hingga pukul 08.00.

Kaligrafi sendiri merupakan salah satu cabang seni islami. Perkembangannya sendiri cukup pesat dan terus eksis dalam khasanah dekorasi bangunan-bangunan Islam maupun tambahan ornamen visual dalam karya literasi muslim. Kaligrafi juga menjadi salah satu cabang lomba islami yang secara rutin diagendakan setiap tahunnya. Karena itu, kesenian kaligrafi perlu dilestarikan dan dikembangkan dalam khasanah pembelajaran peserta didik muslim pada umumnya.