Sosialisasi KOSP 2023/2024 bagi Wali Siswa Kelas VIII dan IX

  • Monday, 24 July 2023
  • 519 views
Sosialisasi KOSP 2023/2024 bagi Wali Siswa Kelas VIII dan IX

Sabtu (22/7/2023) lalu, SMP IT Masjid Syuhada melangsungkan sosialisasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Setelah sebelumnya menyasar wali siswa kelas VII, sosialisasi KOSP kali ini ditujukan kepada wali siswa kelas VIII dan IX. Acara tersebut dilangsungkan di ruang aula Masjid Syuhada.

Segenap wali siswa kelas VIII dan IX berpartisipasi dalam sosialisasi KOSP tersebut. Poin-poin pembahasan dalam sosialisasi ini sedikit berbeda karena adanya perbedaan kurikulum yang dipakai. Kelas VIII sudah memakai struktur Kurikulum Merdeka sejak kelas VII, sementara kelas IX masih memakai Kurikulum 2013.

Pembahasan KOSP bagi kelas VIII berfokus pada program-program akademik sekolah terkait Kurikulum Merdeka, antara lain pengorganisasian pembelajaran, asesmen, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, gambaran Asesmen Nasional, dan program-program unggulan sekolah seperti Takhasus dan Islamic Peer Tutoring (IPT). 

Sementara pembahasan KOSP bagi kelas IX memberi tambahan informasi seputar kegiatan Asesmen Daerah, ujian sekolah, ujian praktek, serta kriteria kelulusan siswa. Informasi-informasi tersebut dirasa penting bagi kelas IX yang telah memasuki masa akhir studi di SMP IT Masjid Syuhada.

Kegiatan sosialisasi KOSP ini dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama ditujukan bagi kelas VIII dan dilanjutkan dengan kelas IX pada sesi berikutnya. Selain mengikuti sosialisasi, para wali siswa yang hadir juga menandatangani kontrak belajar bermaterai sebagai bentuk kesediaan mengikuti program-program akademik beserta tata tertib sekolah.

Diharapkan melalui sosialisasi KOSP ini, sekolah dan wali siswa dapat saling bersinergi dan bekerja sama dalam memantau proses belajar peserta didik. Tujuan akhirnya tidak lain agar prestasi belajar peserta didik dapat tercapai secara optimal dan program-program akademik sekolah dapat berjalan dengan baik, selaras dengan visi, misi, dan tujuan sekolah.[]