Pembelajaran Rekreatif dalam Outbond dan FIeldtrip Kelas 7 dan 8

  • Wednesday, 8 February 2023
  • 382 views
Pembelajaran Rekreatif dalam Outbond dan FIeldtrip Kelas 7 dan 8

Sebagai bentuk penerapan pembelajaran di luar kelas secara kontekstual dan rekreatif, SMPIT Masjid Syuhada melaksanakan kegiatan outbond dan fieldtrip bagi siswa kelas 7 dan 8. Kegiatam outbond dilangsungkan di Desa Wisata Grogol, Godean, Sleman, sementara kegiatan fieldtrip dilangsungkan di Museum Jenderal Soeharto, Sedayu, Bantul.

Untuk mendukung kondusivitas acara, kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari, Selasa-Rabu (7-8 Februari 2023). Kegiatan pada hari Selasa ditujukan bagi siswa kelas 7-8 putra, sementara siswa kelas 7-8 putri melaksanakan kegiatan pada hari Rabu.

Kegiatan outbond di Desa Wisata Grogol diisi dengan aneka kegiatan rekreatif. Para siswa mengasah kreativitas, solidaritas, dan kerjasama tim dalam kegiatan-kegiatan outbond, seperti susur sungai, menara air, voli air, estafet karung, halang rintang, dan broadcast message game.

Setelah kegiatan outbond, para siswa melanjutkan perjalanan ke Museum Jenderal Soeharto untuk kegiatan fieldtrip. Dalam sesi ini, para siswa mendapat mini tour bersama seorang pemandu museum untuk mengenal lebih jauh tentang sosok presiden Indonesia ke-2 tersebut.

Selama mengikuti mini tour, para siswa mengerjakan lembar kerja (LKPD) guna merangkum informasi-informasi yang mereka peroleh dari kunjungan fieldtrip tersebut. Museum yang merupakan bekas kediaman Soeharto tersebut menyediakan berbagai informasi yang mungkin jarang atau belum pernah dijumpai di buku-buku teks. tentang sosok presiden yang sering disebut ‘Bapak Pembangunan’ itu. Para siswa juga diperkenankan bertanya-jawab dengan pemandu bilamana diperlukan.

Kegiatan fieldtrip berlangsung selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, rombongan siswa beserta ustadz/ustadzah pendamping bertolak kembali ke SMPIT Masjid Syuhada sekitar pukul 15.00.[]