Kajian Penguat Iman Ojo Leren Dadi Wong Apik

  • Thursday, 25 May 2023
  • 374 views
Kajian Penguat Iman Ojo Leren Dadi Wong Apik

Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) telah usai dilaksanakan. Khusus bagi kelas IX, momen pasca ASPD seperti saat ini hendaknya dimanfaatkan untuk membuka kembali lembar perencanaan studinya. Sekolah yang akan menjadi tempat melanjutkan studi perlu dipertimbangkan lagi sesuai dengan visi dan preferensi diri. Tujuannya, agar sekolah yang dipilih dapat mendukung pengembangan minat, bakat, dan potensi anak serta meningkatkan prestasi belajarnya.

Poin tersebut disampaikan oleh Ustadz Sadam S.Ag., M.Pd.I., dalam Kajian Penguat Iman (KAPAN) yang diselenggarakan SMPIT Masjid Syuhada, Kamis (25/5/2023). Acara tersebut dilangsungkan di ruang utama Masjid Syuhada dan diikuti segenap siswa kelas VII-IX seusai pembiasaan diniyah sholat Dhuha dan dzikir pagi.

Di awal kajiannya, Ustadz Sadam S.Ag., M.Pd.I., mengingatkan tentang urgensi menuntut ilmu dalam meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Segala sesuatunya membutuhkan ilmu, baik urusan duniawi, hubungan dengan sesama manusia, urusan ibadah/keagamaan, hingga urusan ukhrawi. Dengan mempelajari, memahami, dan mengamalkan ilmu tersebut, manusia dapat meraih keselamatan dan kebahagiaan.

Ustadz Sadam S.Ag., M.Pd.I., juga menyoroti efek game pada prestasi belajar anak. Di era internet seperti saat ini, game telah beralih rupa menjadi konten hiburan yang jauh lebih adiktif karena tampilan yang menarik dan koneksi secara daring. Hal ini tentu saja dapat berdampak buruk jika anak tidak memiliki manajemen diri dan pembatasan yang memadai. Para siswa harus memahami efek game tersebut agar tidak menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game daripada menekuni belajarnya.

Yang tidak kalah pentingnya, Ustadz Sadam S.Ag., M.Pd.I., menekankan agar selama manusia hidup, “ojo leren dadi wong apik”. Jangan berhenti menjadi orang baik. Apapun status, peran, profesi, kedudukan, atau prestasi kita, semua itu jangan sampai membuat kita lalai. Hendaknya, selama manusia hidup, kita harus terus berupaya menjadi pribadi yang bermanfaat dan menunjukkan akhlak yang baik pada sesama.

Kajian Penguat Iman (KAPAN) merupakan agenda kajian yang dilaksanakan SMP IT Masjid Syuhada. Tujuan utama dari kegiatan ini antara lain sebagai sarana memperkuat keimanan, ketakwaan, memperingati hari-hari besar agama Islam, serta memperluas wawasan keagamaan segenap warga sekolah.[]