Praktek Mengolah Bahan Makanan Setengah Jadi Berbahan Tepung Kelas 8

  • Friday, 3 February 2023
  • 512 views
Praktek Mengolah Bahan Makanan Setengah Jadi Berbahan Tepung Kelas 8

Sebagai bentuk kontekstualisasi materi ajar Prakarya, Kamis (2/2/2023) lalu, siswa kelas 8A dan 8B melakukan praktek pengolahan bahan makanan setengah jadi dari bahan tepung. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman SMPIT Masjid Syuhada selepas sholat Dzuhur berjamaah.

Secara berkelompok, para siswa kelas 8A dan 8B mengolah bahan makanan yang dibawa dari rumah untuk dikreasikan menjadi hidangan tertentu. Para siswa dipersilahkan memasak dengan teknik dan bumbu tambahan sesuai selera dan kreativitas setiap kelompok.

Hasil masakan yang telah jadi akan diajukan kepada tim penilai untuk dinilai. Ada 4 kriteria yang dipakai dalam penilaian masakan, yaitu tekstur makanan, keseimbangan cita rasa, rasa bumbu, dan estetika penyajian.

Kegiatan praktek ini diharapkan dapat memberikan pengalaman konkrit kepada siswa tentang bagaimana mengolah bahan makanan setengah jadi berbahan tepung. Para siswa dapat mengembangkan wawasan dan keterampilan mereka lebih lanjut melalui praktek memasak di rumah masing-masing.[]