Islamic Peer Tutoring Kaji Masalah Hadas, Najis, dan Thaharah

  • Friday, 3 February 2023
  • 532 views
Islamic Peer Tutoring Kaji Masalah Hadas, Najis, dan Thaharah

Bagaimana jika seseorang yang sudah berwudhu, tiba-tiba tanpa sengaja menginjak kotoran ayam di tengah perjalanan menuju sholat berjamaah di masjid? Apakah orang itu perlu mengulang wudhunya? Jika tidak, apa yang harus orang itu lakukan?

Pertanyaan-pertanyaan kontekstual semacam ini menjadi salah satu topik pembahasan dalam Islamic Peer Tutoring (IPT) kal ini. Secara rutin, kegiatan IPT akan membahas topik-topik permasalahan keagamaan yang kontekstual yang sering dijumpai para siswa sehari-hari.

Topik seputar perbedaan hadas dan najis serta tata cara thaharah tentu sudah sering dikaji para siswa dari mata pelajaran PAI maupun kegiatan kajian di rumah masing-masing (misalnya melalui TPQ). Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan masih ada detail-detail kecil yang belum/kurang diperhatikan siswa sehingga perlu dikaji kembali.

Kegiatan IPT dilakukan setiap hari Kamis, sebelum jam pertama dimulai. Selama 30 menit, para siswa bersama halaqah (kelompok) masing-masing akan dibersamai seorang ustadz/ustadzah pendamping untuk berdiskusi. Kegiatan ini dilaksanakan di serambi Masjid Syuhada seusai sholat Dhuha dan dzikir pagi.

Tujuan kegiatan IPT SMPIT Masjid Syuhada ini antara lain:
1. Pendampingan kegiatan ibadah harian siswa.
2. Kajian materi tentang tauhid dan fikih ibadah.
3. Penanaman akhlakul karimah bagi siswa.[]