![Islamic Peer Tutoring Kaji Masalah Hadas, Najis, dan Thaharah](https://cdn.webane.net/smpitmasjidsyuhada/2023/02/IPT-februari-2023-1-1000x563.jpg)
Bagaimana jika seseorang yang sudah berwudhu, tiba-tiba tanpa sengaja menginjak kotoran ayam di tengah perjalanan menuju sholat berjamaah di masjid? Apakah orang itu perlu mengulang wudhunya? Jika tidak, apa yang harus orang itu lakukan?
Pertanyaan-pertanyaan kontekstual semacam ini menjadi salah satu topik pembahasan dalam Islamic Peer Tutoring (IPT) kal ini. Secara rutin, kegiatan IPT akan membahas topik-topik permasalahan keagamaan yang kontekstual yang sering dijumpai para siswa sehari-hari.
![](https://smpitmasjidsyuhada.sch.id/wp-content/uploads/2023/02/IPT-februari-2023-2-1000x563.jpg)
![](https://smpitmasjidsyuhada.sch.id/wp-content/uploads/2023/02/IPT-februari-2023-6-1000x563.jpg)
Topik seputar perbedaan hadas dan najis serta tata cara thaharah tentu sudah sering dikaji para siswa dari mata pelajaran PAI maupun kegiatan kajian di rumah masing-masing (misalnya melalui TPQ). Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan masih ada detail-detail kecil yang belum/kurang diperhatikan siswa sehingga perlu dikaji kembali.
![](https://smpitmasjidsyuhada.sch.id/wp-content/uploads/2023/02/IPT-februari-2023-3-1000x563.jpg)
![](https://smpitmasjidsyuhada.sch.id/wp-content/uploads/2023/02/IPT-februari-2023-4-1000x563.jpg)
Kegiatan IPT dilakukan setiap hari Kamis, sebelum jam pertama dimulai. Selama 30 menit, para siswa bersama halaqah (kelompok) masing-masing akan dibersamai seorang ustadz/ustadzah pendamping untuk berdiskusi. Kegiatan ini dilaksanakan di serambi Masjid Syuhada seusai sholat Dhuha dan dzikir pagi.
Tujuan kegiatan IPT SMPIT Masjid Syuhada ini antara lain:
1. Pendampingan kegiatan ibadah harian siswa.
2. Kajian materi tentang tauhid dan fikih ibadah.
3. Penanaman akhlakul karimah bagi siswa.[]