Pelaksanaan ASPD Tahun Ajaran 2022/2023 di SMPIT Masjid Syuhada

  • Monday, 15 May 2023
  • 502 views
Pelaksanaan ASPD Tahun Ajaran 2022/2023 di SMPIT Masjid Syuhada

Sesuai agenda resmi dalam kalender pendidikan tahun ajaran 2022/2023, SMPIT Masjid Syuhada menggelar Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) mulai hari Senin hingga Jumat 15-19 Mei 2023 mendatang. ASPD jenjang SMP ini digelar serentak secara nasional.

Pelaksanaan ASPD menggunakan sistem daring. ASPD tahun ini menjadi ASPD edisi ketiga yang diselenggarakan. Untuk tahun ajaran 2023/2024 mendatang, istilah ASPD akan diganti menjadi Asesmen Daerah.

Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan ASPD, SMPIT Masjid Syuhada telah menyiapkan 3 ruang ujian dan perangkat laptop sejumlah peserta ASPD per ruang. Dalam setiap ruang, terdapat seorang proktor yang akan membantu keperluan teknis, dan seorang pengawas yang memantau siswa selama proses pengerjaan ASPD.

Seperti tahun sebelumnya, ASPD kali ini digelar dalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 07.30-09.30, sementara sesi kedua dilaksanakan pukul 10.00-12.00. Terdapat 4 mata pelajaran yang diujikan dalam ASPD tersebut, yakni Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Numerasi (Matematika), Literasi Bahasa Inggris, dan Literasi Sains (IPA).

Sebelum memulai ASPD, para siswa kelas IX menunaikan sholat Dhuha dan dzikir pagi terlebih dahulu di Masjid Syuhada. Setelahnya, siswa yang memperoleh sesi pertama dapat langsung menuju ruang ujian. Sementara siswa yang lain dapat masuk ke kelas untuk mengikuti Pendalaman Materi (PM) ASPD.

Selama ASPD berlangsung, kegiatan pembelajaran kelas VII dan VIII dilangsungkan secara daring dan dipantau melalui Whatsapp Group. Hal ini ditujukan agar siswa tetap memperoleh pemahaman materi, mengingat Penilaian Akhir Tahun (PAT) akan dilangsungkan per 5 Juni 2023 mendatang.[]