Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun 2022/2023

  • Monday, 5 June 2023
  • 335 views
Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun 2022/2023

Sesuai kalender pendidikan tahun ajaran 2022/2023, SMP IT Masjid Syuhada melangsungkan Penilaian Akhir Tahun (PAT) selama sepekan, mulai hari Senin (5/6/2023) sampai Selasa (13/6/2023). PAT kali ini dilaksanakan secara langsung (luring) dengan sistem paper-based-test. PAT diikuti siswa kelas VII dan VIII saja karena siswa kelas IX telah selesai menempuh ujian.

Setiap siswa mengerjakan dua mata pelajaran per harinya. Pengecualian terjadi pada hari terakhir, di mana hanya ada 1 mata pelajaran yang diujikan. Adapun soal PAT terdiri dari soal-soal kelas VIII yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta—meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA; serta soal-soal yang dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran SMP IT Masjid Syuhada—meliputi mata pelajaran PJOK, SBK, PKn, IPS, Bahasa Jawa, Bahasa Arab, Prakarya, dan Tahfidz.

Dalam PAT ini, kerjasama dan sinergi dari orang tua maupun wali murid berperan penting dalam rangka memantau dan mendampingi kegiatan belajar para putra-putrinya selama berada di rumah. Semuanya diperlukan demi menunjang kelancaran pelaksanaan PAT serta mengoptimalkan raihan nilai para siswa.[]