Kajian Penguat Iman Bertajuk Memilih Idola yang Mulia

  • Friday, 3 February 2023
  • 521 views
Kajian Penguat Iman Bertajuk Memilih Idola yang Mulia

Pada fase remaja, terdapat kecenderungan untuk mencari figur idola sebagai bagian dari proses identifikasi diri. Idola tersebut akan menjadi panutan bagi remaja di mana tingkah laku dan kebiasaannya akan ditiru.

Sosok idola yang dimaksud di sini tidak selalu figur artis atau sosok terkenal. Remaja bisa saja mengidolakan orang-orang di sekitarnya, baik itu anggota keluarga, guru, maupun tokoh masyarakat yang dikenal remaja tersebut.

Remaja perlu bersikap bijak dan selektif dalam memilih idola. Sosok idola yang banyak memberikan motivasi berperilaku positif tentu lebih layak dijadikan panutan. Meski begitu, ada pula figur-figur yang—meski terkenal dan memiliki banyak pengaruh di media sosial—justru mendorong remaja untuk berperilaku negatif.

Topik tentang memilih idola ini menjadi pembahasan utama dalam Kajian Penguat Iman (KAPAN) SMPIT Masjid Syuhada yang dibersamai Ustadz Faisal Muhammad Amrullah Azif. KAPAN kali ini digelar hari Kamis, (2/2/2023) di ruang utama Masjid Syuhada. Kajian tersebut diikuti segenap siswa SMPIT Masjid Syuhada kelas 7 dan 8. Adapun siswa kelas 9, pada saat yang bersamaan, tengah mengikuti simulasi TPMBK di kompleks SMPIT Masjid Syuhada.

KAPAN bertajuk “Memilih Idola yang Mulia” ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada para siswa tentang pentingnya bersikap selektif dan bijak dalam memilih panutan atau sosok idola. Sebagai umat muslim, Nabi Muhammad SAW adalah idola yang sejati. Meski generasi masa kini tidak hidup bersama beliau, kita bisa tetap mengidolakannya dengan mengamalkan sunnah-sunnah dan mengikuti ajarannya.

KAPAN merupakan agenda kajian yang rutin dilaksanakan SMP IT Masjid Syuhada. Tujuan utama dari kegiatan ini antara lain sebagai sarana memperkuat keimanan ketakwaan, memperingati hari-hari besar agama Islam, serta memperluas wawasan keagamaan segenap warga sekolah.[]