Pertemuan FORSIMA Mewadahi Diskusi dan Sharing bersama Orangtua Siswa

  • Monday, 14 November 2022
  • 35 views
Pertemuan FORSIMA Mewadahi Diskusi dan Sharing bersama Orangtua Siswa

Sabtu (12/11/2022) lalu, SMPIT Masjid Syuhada menggelar pertemuan FORSIMA untuk kelas 8A. Peserta pertemuan FORSIMA tersebut terdiri dari 10 orang wali siswa, guru Bimbingan dan Konseling (BK), wali kelas, dan Kepala SMPIT Masjid Syuhada. Pertemuan tersebut dihelat di ruang kelas 8A mulai pukul 09.00 hingga 11.00.

Ustadzah Meilani Noor Khasanah selaku Kepala SMPIT Masjid Syuhada memberikan sambutan dalam pertemuan FORSIMA kelas 8A – Sabtu (12/11/2022) lalu.

Topik-topik yang dibahas dalam pertemuan FORSIMA kelas 8A ini berkisar pada aktivitas pembelajaran, kebijakan sekolah, dan isu-isu remaja seperti gejala pubertas dan pemakaian smartphone. Para peserta pertemuan FORSIMA tersebut dipersilahkan mengkritisi, memberikan masukan, atau berbagi informasi dan pengalaman sebagai bahan diskusi dengan peserta lainnya.

Pertemuan FORSIMA merupakan sarana untuk menjembatani komunikasi antara sekolah dan orangtua/wali siswa. Melalui pertemuan FORSIMA, segala bentuk tantangan, hambatan, dan kendala terkait proses pembelajaran beserta dinamika perkembangan siswa bisa didiskusikan lebih lanjut dalam forum tersebut guna mencari solusi dan atau inovasi secara bersama-sama.

Salah seorang orangtua siswa menyampaikan pendapatnya dalam pertemuan FORSIMA kelas 8A – Sabtu (12/11/2022) lalu

Lebih dari itu, pertemuan FORSIMA dapat menjadi media sosialisasi program-program atau kebijakan sekolah yang efektif, karena proses diskusi melibatkan forum terbatas di lingkup satu kelas saja. Karenanya, topik-topik yang dibahas dalam pertemuan FORSIMA selalu bervariasi, sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan di setiap kelas.

Wali kelas 8A, Ustadz M. Ihsanul Fikri memaparkan responsi dalam pertemuan FORSIMA kelas 8A – Sabtu (12/11/2022) lalu.

Pertemuan FORSIMA digagas oleh wali kelas dan para orangtua/wali siswa dengan jadwal tentatif. Setiap kelas memiliki jadwal pertemuan FORSIMA masing-masing sesuai kesepakatan. Melalui pertemuan ini, diharapkan proses komunikasi dan diskusi antara pihak sekolah dan orangtua/wali siswa dapat terlayani secara optimal demi meningkatkan prestasi belajar siswa dan kualitas layanan pendidikan di SMPIT Masjid Syuhada.[]