Kontekstualisasi Materi Kepramukaan dalam Supercamp Kelas 7 dan 8

  • Monday, 28 November 2022
  • 576 views
Kontekstualisasi Materi Kepramukaan dalam Supercamp Kelas 7 dan 8

Sepekan setelah Supercamp kelas IX, kegiatan serupa kembali digelar dengan peserta dari kelas VII dan VIII. Supercamp tersebut dilangsungkan selama dua hari, Sabtu-Minggu (26-27 November 2022) di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Sleman.

Berbeda dengan kegiatan Supercamp kelas IX, Supercamp bagi kelas VII dan VIII adalah bagian dari program intrakurikuler Pramuka. Supercamp ini mendorong para peserta untuk menerapkan materi-materi Kepramukaan yang telah diperolehnya dalam konteks yang nyata.

Melalui kegiatan Pramuka, para peserta tentu telah memperoleh materi seputar sandi-sandi, semaphore, KIM, cara mendirikan tenda, serta hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berkemah. Melalui kegiatan Supercamp, materi-materi semacam itulah yang akan dicari tahu aspek kontekstualisasinya oleh para siswa.

Bagi sebagian siswa, Supercamp tersebut menjadi kegiatan perkemahan yang pertama kalinya. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 pada rentang tahun 2020-2021 lalu membuat para siswa (yang saat itu masih duduk di bangku SD), tidak berkesempatan mengikuti kegiatan sekolah yang bersifat outdoor, seperti perkemahan. Karenanya, para peserta pun tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan Supercamp selama dua hari tersebut.

Kiranya, melalui kegiatan Supercamp, para siswa mendapatkan pengalaman berharga untuk belajar hidup mandiri, belajar bekerjasama, serta dapat mengimplementasikan materi dan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan nyata.[]