Dua Hafidz Qur’an dan Peraih Nilai 100 ASPD Warnai Wisuda Akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada Tahun Ajaran 2022/2023

  • Monday, 26 June 2023
  • 444 views
Dua Hafidz Qur’an dan Peraih Nilai 100 ASPD Warnai Wisuda Akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada Tahun Ajaran 2022/2023

Minggu (25/6/2023) lalu, menjadi hari berbahagia bagi para siswa kelas IX SMP IT Masjid Syuhada. Pada hari itu, para siswa kelas IX mengikuti prosesi wisuda akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada yang digelar di Gedung Prof. Soenarjo Convention Hall Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Segenap Ustadz/Ustadzah, karyawan, orangtua/wali, dan anggota komite SMP IT Masjid Syuhada hadir dalam gelaran akbar tersebut. Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Endang Triningsih, M.Pd., juga turut serta menghadiri prosesi wisuda akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada edisi ke-17 tersebut.

Wisuda akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada XVII dihelat di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga

Prosesi wisuda dibuka dengan penampilan Tari Ratoe Djaroe dan tim Rebana SMP IT Masjid Syuhada. Gerakan tangan dan kepala yang ritmik disertai paduan koreografi yang estetik dari Tari Ratoe Djaroe berhasil memukau para tamu undangan. Demikian pula dengan musikalisasi apik tim rebana yang mengiringi lirik sufistik ananda Tomzy Azruelo sebagai lead vocal-nya.

Penampilan Tari Ratoe Djaroe dalam wisuda akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada XVII
Tim Rebana SMP IT Masjid Syuhada membawakan lagu pembuka dalam wisuda akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada XVII

Kirab wisuda dimulai dengan pemanggilan 10 siswa peringkat teratas dan secara berturut-turut diikuti siswa-siswa kelas IX A, B, C, dan D. Setiap siswa yang dipanggil akan naik ke podium utama untuk menerima kalungan samir wisuda beserta map berisi ijazah dan rapor. Setelah semua siswa menerima samir dan map, mereka kembali naik ke podium utama untuk membacakan ikrar wisuda bersama-sama.

Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Endang Triningsih, M.Pd. turut mengalungkan samir wisuda kepada siswa peringkat 1-5
Ustadzah Meilani Noor Khasanah, S.Pd. tengah mengalungkan samir wisuda kepada salah satu siswa
Pembacaan ikrar wisuda oleh para wisudawan-wisudawati

Atmosfer wisuda akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada kali ini terasa prestisius dengan adanya dua siswa peraih predikat hafidz yang berhasil menghafalkan 30 juz Al-Qur’an. Mereka adalah Muhammad Andika Aradhana Al-Ghifari (IX B) dan Anindya Nasywa Nuraini (IX D). Atas prestasinya, kedua siswa tersebut berhak menerima samir khusus hafidz. Ibunda masing-masing siswa juga disilahkan naik ke podium utama untuk dikenakan ‘mahkota’ sebagai simbol apresiasi. Momen penghargaan ini menjadi sesi yang mengharukan bagi semua hadirin dalam acara wisuda akhirussanah tersebut.

Raihan prestisius lainnya adalah dua siswa yang meraih nilai sempurna dalam ASPD. Dua siswa tersebut adalah Najla Khayla Nurillah (IX D) yang meraih nilai 100 dalam mata ujian Numerasi Matematika, dan Maharani Putri Patricia (IX D) yang meraih nilai 100 dalam mata ujian Literasi Bahasa Indonesia.

Penghargaan juga diberikan untuk kategori siswa putra dan siswa putri teladan. Untuk kategori siswa putra teladan, penghargaan diberikan kepada Qinarsyah Maulana Atmadani (IX B). Sementara predikat siswa putri teladan diberikan kepada Nanda Haura Cahyademi (IX D).

Pemberian penghargaan kepada siswa teladan dalam wisuda akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada XVII

Pemberian penghargaan tersebut didasarkan pada voting dewan guru dengan mempertimbangkan prestasi akademik dan non-akademik serta keaktifan/kontribusi siswa dalam kegiatan-kegiatan di sekolah. Penghargaan ini kiranya dapat memantik motivasi berprestasi para siswa di jenjang pendidikan yang lebih tinggi nantinya.

Sesi terakhir acara wisuda diisi dengan pertunjukan teater persembahan para siswa kelas IX. Dalam pementasan berdurasi sekitar 20 menit itu, para siswa membawakan plot cerita seputar perjuangan belajar siswa menjelang ujian hingga solidaritas pertemanan untuk meraih sukses di masa depan. Setelahnya, acara wisuda pun ditutup dengan flashmob dan sesi foto bersama para wisudawan dan wisudawati.

Pementasan teater persembahan siswa kelas IX dalam wisuda akhirussanah SMP IT Masjid Syuhada XVII

Secara khusus, segenap keluarga besar SMP IT Masjid Syuhada menghaturkan rasa terima kasih pada segenap siswa beserta orangtua/wali sekalian atas kerjasama yang telah terjalin selama tiga tahun ini dalam menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran. SMP IT Masjid Syuhada juga turut bangga atas prestasi-prestasi yang ditorehkan para siswa sekalian serta mengapresiasi purnanya masa studi para siswa di jenjang SMP ini.

Doa kami akan senantiasa mengiringi perjalanan studi para siswa ke depannya. Semoga, para siswa sekalian dapat melanjutkan pendidikan di sekolah yang dicita-citakan dan tetap istiqomah untuk belajar menjadi lebih baik, dan menjadi ‘Syuhada Muda’ yang berprestasi, berbakti, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin…[]