Kunjungan Studi Tiru MGMP IPS Kabupaten Kudus ke SMPIT Masjid Syuhada Diskusikan Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Friday, 12 May 2023
  • 517 views
Kunjungan Studi Tiru MGMP IPS Kabupaten Kudus ke SMPIT Masjid Syuhada Diskusikan Implementasi Kurikulum Merdeka

Sebagai salah satu Sekolah Penggerak di Kota Yogyakarta, SMPIT Masjid Syuhada akan selalu terbuka untuk berbagi informasi dan berdiskusi seputar program-program Sekolah Penggerak maupun implementasi Kurikulum Merdeka.

Kamis (11/5/2023) lalu, SMPIT Masjid Syuhada menerima kunjungan studi tiru dari kelompok MGMP Guru IPS DIsdikpora Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Studi tiru tersebut dihelat di ruang aula Masjid Syuhada.TIdak kurang dari 68 orang mengikuti acara studi tiru tersebut. Rombongan studi tiru tersebut terdiri atas kalangan Pengawas SMP dari Disdikpora Kabupaten Kudus, Kepala SMP, dan guru-guru dari rumpun mata pelajaran IPS.

Kunjungna Studi Tiru Implementasi Kurikulum Merdeka ini dihelat di Ruang Aula Masjid Syuhada, Kamis (11/5/2023)

Dalam studi tiru tersebut, Ustadzah Meilani Noor Khasanah dan Ustadzah Yamidah tampil sebagai pemateri yang memaparkan program-program Sekolah Penggerak yang telah dilaksanakan di SMPIT Masjid Syuhada. Selain itu, implementasi Kurikulum Merdeka dalam bidang akademik juga menjadi topik bahasan utama yang didiskusikan dalam agenda tersebut, termasuk seputar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang telah dilaksanakan 3 kali di SMPIT Masjid Syuhada.

Para peserta menyimak dan saling berdiskusi seputar implementasi komponen-komponen Kurikulum Merdeka di sekolah

Sesi tanya-jawab dibuka bagi para peserta studi tiru yang ingin menanyakan lebih rinci seputar implementasi Kurikulum Merdeka. Dari sesi tanya-jawab tersebut, peserta dapat mengemukakan kendala, tantangan, maupun kesulitan yang mungkin muncul dalam upaya mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Pengawas Pembina SMP dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Endang Triningsih, M. Pd., turut hadir dalam studi tiru MGMP IPS kabupaten Kudus di SMPIT Masjid Syuhada

Realisasi kurikulum anyar tersebut di SMPIT Masjid Syuhada yang telah berjalan sejak 2022 lalu, diharapkan dapat menjadi bahan refleksi sekaligus referensi dalam penerapan komponen-komponen Kurikulum Merdeka ke depannya.[]