Kunjungan Studi Tiru Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul

  • Saturday, 16 July 2022
  • 301 views
Kunjungan Studi Tiru Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul

Sebagai bentuk persiapan dan pematangan implementasi Kurikulum Merdeka, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan kunjungan studi tiru ke SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunung Kidul, Jumat (15/7/2022) lalu. Kunjungan studi tiru ini diikuti segenap guru dan karyawan SMP IT Masjid Syuhada beserta Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Rombongan studi tiru bertolak dari SMP IT Masjid Syuhada pukul 07.30. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam, rombongan tiba di kompleks SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin—yang beralamat di Jalan Wonosari-Jogja Km. 05, Logandeng, Playen, Gunung Kidul.

Para siswa mengerjakan pretest dalam praktek pembelajaran berdeferensiasi di salah satu kelas di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin – Jum’at (15/7/2022)

SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin merupakan salah satu Sekolah Penggerak yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun 2020 lalu. Secara umum, pemberlakuan Kurikulum Merdeka di Kabupaten Gunung Kidul memang lebih dulu dilakukan dibandingkan di Kota Yogyakarta. Karenanya, kegiatan studi tiru semacam ini sangat krusial sebagai bentuk persiapan, pematangan, dan ajang sharing terkait implementasi Kurikulum Merdeka beserta segala perangkatnya.

Sharing dan konsultasi pembelajaran antarguru mapel PAI dari SMP IT Masjid Syuhada dan SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin

Studi tiru ini menggunakan sistem Focus Group Discussion (FGD) agar lebih efektif dan efisien. Dalam FGD ini, perwakilan SMP IT Masjid Syuhada dibagi menjadi 4 kelompok diskusi dengan topik yang berbeda, yakni: kelompok KOSP dan Asesmen, kelompok Modul Ajar dan ATP, kelompok Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kelompok tata usaha dan keuangan, serta dua kelompok Pembelajaran Berdeferensiasi (mapel umum dan mapel PAI). Setiap kelompok disilahkan untuk melakukan observasi, tanya-jawab, dan atau berdiskusi dengan tim yang telah disiapkan SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin.

Diskusi kelompok bidang Modul Ajar dan ATP
Diskusi kelompok bidang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Diskusi kelompok bidang KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan)
Diskusi kelompok bidang Asesmen

Dari kegiatan FGD tersebut, setiap kelompok akan mendapatkan rincian gambaran implementasi Kurikulum Merdeka sesuai topik bidang yang dibahas. Selain itu, setiap kelompok juga memperoleh dokumentasi dan sampel berkas perangkat penunjang Kurikulum Merdeka dari SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin. Hasil dari studi tiru ini akan dijadikan bahan diskusi dan penyusunan tindak lanjut guna mematangkan implementasi Kurikulum Merdeka di SMP IT Masjid Syuhada.

Penyerahan kenang-kenangan dari SMP IT Masjid Syuhada kepada Kepala SMP Muhammadiyah Al-Muhajidin
Rombongan studi tiru SMP IT Masjid Syuhada berfoto bersama

Sebagai informasi, SMP IT Masjid Syuhada merupakan salah satu Sekolah Penggerak di lingkup Kota Yogyakarta. Per tahun ajaran baru 2022/2023 ini, SMP IT Masjid Syuhada akan menerapkan Kurikulum Merdeka pada jenjang kelas 7. Karena itu, studi tiru ke SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin tersebut nantinya dapat menjadi salah satu bekal penting dalam mensukseskan implementasi Kurikulum Merdeka beserta program-program pendidikan terkait di SMP IT Masjid Syuhada.[]