SMP IT Masjid Syuhada Gelar TPM ASPD Tahap 2 secara Semi-Daring

  • Wednesday, 16 March 2022
  • 868 views
SMP IT Masjid Syuhada Gelar TPM ASPD Tahap 2 secara Semi-Daring

Sebagai rangkaian dari persiapan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah tahun ajaran 2021/2022, SMP IT Masjid Syuhada melaksanakan kegiatan Tes Pendalaman Materi (TPM) Tahap 2 bagi siswa kelas 9. TPM ASPD Tahap 2 ini dilangsungkan selama dua hari, Rabu-Kamis (16-17 Maret 2022) secara semi-daring.

Dalam TPM ASPD kali ini, siswa kelas 9 mengerjakan tes secara daring di sekolah (karena itu, disebut “semi-daring”). Pengecualian ditujukan bagi siswa yang sedang sakit atau berhalangan hadir ke sekolah dengan alasan yang kuat.

Mata pelajaran yang diujikan dalam TPM ASPD Tahap 2 ini adalah Bahasa Inggris dan IPA. Setiap siswa mengerjakan tes melalui smartphone atau laptop masing-masing yang sudah terkoneksi internet. Untuk mengakses soal-soal tes, siswa harus membuka laman Soal TPM ASPD lalu masuk ke akun masing-masing. Adapun token soal akan dibagikan oleh operator melalui Whatsapp Group menjelang waktu tes dimulai.

Sistem semi-daring semacam ini dimaksudkan agar hasil TPM ASPD Tahap 2 lebih valid, akuntabel, serta meminimalisir resiko penularan COVID-19. Bagi siswa yang tidak memungkinkan hadir ke sekolah, mereka tetap bisa mengikuti tes secara daring dari rumah.

Meski memakai perangkat siswa masing-masing, SMP IT Masjid Syuhada tetap menyediakan sejumlah laptop cadangan serta jaringan LAN dan wifi sebagai alternatif jika ada siswa yang mengalami kendala teknis saat TPM ASPD berlangsung.

SMP IT Masjid Syuhada tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan TPM ASPD Tahap 2 ini. Pengecekan suhu tubuh dan kondisi siswa sebelum mengikuti tes dilakukan sebelum siswa memasuki ruang tes.

Setiap siswa juga wajib cuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan memakai hand sanitizer yang telah disediakan di setiap ruang kelas. Jumlah peserta tes di setiap ruang dibatasi agar tidak terjadi kerumunan. Sementara jarak kursi antar peserta tes juga telah diatur sedemikian rupa agar tidak berdekatan.

Semoga, para siswa sekalian dapat meraih hasil yang maksimal dalam TPM ASPD Tahap 2 ini dan mengalami peningkatan raihan nilai dibanding TPM ASPD sebelumnya. Aamiin…[]