Pondok Ramadhan dan Doa Bersama Kelas 9 Jelang Ujian Sekolah dan ASPD 2022

  • Friday, 15 April 2022
  • 263 views
Pondok Ramadhan dan Doa Bersama Kelas 9 Jelang Ujian Sekolah dan ASPD 2022

Kamis (14/4/2022) lalu, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan kegiatan Pondok Ramadhan bagi siswa kelas 9. Kegiatan ini merupakan pondok ramadhan pertama yang digelar setelah pembatasan kegiatan sekolah akibat pandemi COVID-19.

Berbeda dengan pondok ramadhan biasanya yang dilangsungkan hingga Subuh (bermalam di sekolah), pondok ramadhan kali ini dilangsungkan dari pukul 13.00 sampai 18.00 (maghrib). Hal ini tidak lepas kondisi pandemi COVID-19 sehingga waktu kegiatan pondok ramadhan dipadatkan sedemikian rupa.

Salah satu kelompok siswa sedang membuat kerajinan/prakarya dalam Pondok Ramadhan Kelas 9 – Kamis (14/4/2022)

Dalam pondok ramadhan ini, ada berbagai sesi kegiatan yang dilaksanakan para siswa antara lain tadarus, khotmil Qur’an, pelatihan tata cara mengurus jenazah, prakarya, dan doa bersama. Semua kegiatan tersebut dilangsungkan para siswa dalam kelompok yang terbagi dalam ruang kelas yang terpisah (untuk menghindari kerumunan).

Menjelang waktu berbuka, diadakan kegiatan tausiyah sekaligus doa bersama bagi siswa kelas 9 dengan narasumber utama Ustadz Saepul Rahman, S. Ag. Dalam tausiyahnya, Ustadz Saepul Rahman mengajak para hadirin untuk menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai momentum guna meningkatkan iman dan takwa serta memohon ampunan dan rahmat dari Allah subhaanallahu wa ta’ala.

Sesi tausiyah yang diisi oleh Ustadz Saepul Rahman, S. Ag dalam Pondok Ramadhan kelas 9 – Kamis (14/4/2022)

Secara khusus, bagi siswa kelas 9 yang akan memasuki waktu-waktu ujian sekolah dan ASPD 2022, Ustadz Saepul Rahman mengingatkan pentingnya ikhtiar dan tawakkal. Ikhtiar menjelang ujian bisa ditempuh dengan upaya belajar, latihan soal, memperbanyak doa dan amalan-amalan sunnah. Adapun hasil akhirnya nanti, kita pasrahkan urusannya kepada Allah, Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Agenda pondok ramadhan kelas 9 ini ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Saepul Rahman. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan buka bersama kelas 9 beserta seluruh guru karyawan SMP IT Masjid Syuhada. Kiranya, melalui kegiatan ini para siswa kelas 9 dapat memperkaya pemahaman dan wawasan agamanya serta dapat lebih siap secara rohani untuk menyongsong Ujian Sekolah dan ASPD tahun 2022 yang akan segera diadakan. Aamiin.[]

.

*Liputan seputar rangkaian Pondok Ramadhan 1443 H lainnya di SMP IT Masjid Syuhada:
Pondok Ramadhan Kelas 8 —- Liputan Pondok Ramadhan Kelas 8 Bertema Inspiring Moslem » smpitmasjidsyuhada.sch.id

Pondok Ramadhan Kelas 7 —- Memetik Hikmah Sejarah Sahabat Rasulullah dalam Pondok Ramadhan Kelas 7 » smpitmasjidsyuhada.sch.id