Memetik Hikmah Sejarah Sahabat Rasulullah dalam Pondok Ramadhan Kelas 7

  • Friday, 22 April 2022
  • 230 views
Memetik Hikmah Sejarah Sahabat Rasulullah dalam Pondok Ramadhan Kelas 7

Berselang dua hari setelah pondok ramadhan kelas 8 usai, SMP IT Masjid Syuhada menghelat kegiatan Pondok Ramadhan berikutnya untuk para siswa kelas 7. Kali ini, pondok ramadhan kelas 7 mengusung tema ‘Memetik Hikmah dari Sejarah Sahabat Rasulullah SAW’.

Pondok ramadhan kelas 7 ini dilangsungkan di kompleks Syuhada Center [SC] dan serambi Masjid Syuhada dan dimulai sejak pukul 12.30 siang. Konsep kegiatan pondok ramadhan untuk kelas 7 ini sedikit berbeda dengan kelas 8 dan kelas 9.

Para siswa kelas 7 tengah mengikuti salah satu sesi kegiatan dalam pondok ramdhan di Gedung Syuhada Center [SC]

Sebagaimana tema kegiatan yang mengusung kajian sejarah Sahabat Rasulullah SAW, maka dalam pondok ramadhan ini diadakan permainan peran [role-playing]. Tujuannya, agar para siswa dapat lebih mudah memahami kisah-kisah sejarah [shirah] sahabat Rasulullah SAW serta terlibat aktif dalam proses pembelajaran sejarah tersebut.

Setiap halaqoh [kelompok] siswa mendapat jatah memerankan satu skrip cerita [shirah] tentang sahabat Rasulullah SAW yang telah dibagikan sebelumnya. Skrip cerita tersebut dapat dikembangkan dengan improvisasi dan penghayatan peran sesuai kemampuan siswa masing-masing. Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti sesi permainan peran ini meski kondisi di luar sdang mendung dan gerimis.

Setiap halaqoh menampilkan permainan peran dengan skrip cerita tentang shirah sahabat Rasulullah SAW dalam pondok Ramadhan kelas 7 [Kamis, 21/4/2022]

Setelahnya, agenda pondok ramadhan dilanjutkan dengan khotmil quran, di mana masing-masing halaqoh secara kooperatif mekhatamkan 30 juz Al-Qur’an. Setelah itu, kegiatan berikutnya adalah pemberian sambutan oleh Kepala SMP IT Masjid Syuhada, Ustadzah Meilani Noor Khasanah.

Sesi khotmil Qur’an dalam pondok ramadhan kelas 7 yang dilangsungkan di gedung Syuhada Center [SC]

Agenda pondok ramadhan kelas 7 ditutup dengan doa bersama yang dipimpin Ustadz Arif Taba Nasuha menjelang agenda buka bersama berlangsung. Semoga kegiatan pondok ramadhan ini dapat memberikan bermanfaat dan semakin menambah kecintaan para siswa terhadap Al-Qur’an serta meneladani akhlak Rasulullah dan para sahabatnya.[]

.

*Liputan seputar rangkaian Pondok Ramadhan 1443 H lainnya di SMP IT Masjid Syuhada:
Pondok Ramadhan Kelas 8 —- Liputan Pondok Ramadhan Kelas 8 Bertema Inspiring Moslem » smpitmasjidsyuhada.sch.id

Pondok Ramadhan Kelas 9 —- Pondok Ramadhan dan Doa Bersama Kelas 9 Jelang Ujian Sekolah dan ASPD 2022 » smpitmasjidsyuhada.sch.id