Pelaksanaan Achievement Motivation Training (AMT) Persiapkan Siswa Kelas 9 Jelang ANBK 2022

  • Saturday, 26 February 2022
  • 506 views
Pelaksanaan Achievement Motivation Training (AMT) Persiapkan Siswa Kelas 9 Jelang ANBK 2022

Menjelang pelaksanaan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan digelar per 22 April 2022*, serangkaian persiapan bagi siswa kelas 9 SMP IT Masjid Syuhada telah dilangsungkan. Pendalaman materi untuk mata pelajaran (mapel) utama ANBK seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA sudah dilangsungkan setiap akhir pekan.

Pendalaman materi merupakan bagian dari persiapan ranah kognitif siswa. Sebagai pelengkap, aspek psikologis siswa juga perlu dipersiapkan.

Atas dasar itulah, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan Achievement Motivation Training (AMT) bagi siswa kelas 9. Agenda AMT ini dilangsungkan selama dua hari, Jumat-Sabtu (25-26 Februari 2022) bertempat di ruang Aula Masjid Syuhada.

Fokus kegiatan AMT ini adalah bagaimana meningkatkan motivasi belajar serta menumbuhkan semangat dan rasa percaya diri guna menghadapi ANBK 2022. Kondisi pembelajaran yang saat ini kembali dilangsungkan secara daring tentu berpengaruh pada minat dan motivasi belajar siswa.

Kejenuhan menjadi salah satu faktor yang paling umum dirasakan siswa dalam pembelajaran daring. Apalagi selama pembelajaran daring, siswa merasa belajar sendiri di rumah—hanya dibersamai smartphone atau laptop saja.

Hal ini berbeda dengan pembelajaran tatap muka, di mana para siswa bisa bertemu dengan teman-temannya serta berinteraksi langsung dengan ustadz/ustadzah sebagai pengajar. Jika ada kendala dalam pemahaman materi tertentu, siswa bisa dengan mudah menanyakan atau memperdalam materi bersama pengajarnya langsung.

Siswa tentu harus pandai mensiasati kondisi agar minat dan motivasi belajarnya senantiasa terjaga. Segala keterbatasan yang terjadi dalam pembelajaran daring tentu tidak bijak jika hanya disikapi dengan sikap pasrah dan masa bodoh.

Kegiatan AMT kali ini juga diisi dengan kegiatan sharing, diskusi, dan tanya-jawab langsung antara siswa dengan pemateri. Hal ini ditujukan agar materi AMT bisa memberi manfaat praksis bagi siswa dan mudah diimplementasi untuk mensiasati segala kondisi dan problematika pembelajaran siswa selama ini.

*) Waktu pelaksanaan ANBK SMP berdasarkan kalender akademik (tanggal bisa saja berubah mengikuti perkembangan kondisi dan informasi lebih lanjut