Liputan Pelaksanaan PTS Daring Semester Genap TA. 2021/2022

  • Monday, 7 March 2022
  • 540 views
Liputan Pelaksanaan PTS Daring Semester Genap TA. 2021/2022

Sehubungan dengan instruksi dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) per Maret ini ditunda terlebih dahulu. Hal ini ditujukan guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19, terutama di institusi sekolah.

Karena itu, Penilaian Tengah Semester (PTS) semester genap di SMP IT Masjid Syuhada turut dilaksanakan secara online (daring)—sejalan dengan instruksi dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Secara umum, PTS Online kali ini tidak jauh berbeda dengan ujian-ujian online sebelumnya yang pernah dilaksanakan sekolah. PTS Online ini memakai aplikasi Google Forms dan dikelola oleh 3 orang Admin per jenjang kelasnya.

Guna mendukung kelancaran PTS daring tersebut, peserta didik diharapkan sudah menyiapkan segala perangkat pendukung untuk mengerjakan PTS dari rumah. Perangkat yang bisa dipakai antara lain laptop atau HP (smartphone) yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Jika peserta didik ingin bertanya (tidak terkait dengan jawaban) atau mengalami kendala teknis pada saat pelaksanaan PTS, mereka dapat mengirimkan pesan lewat WA Group yang telah dibuat agar kendala tersebut dapat segera diatasi.

PTS daring semester genap tahun ajaran 2021/2022 ini akan dilaksanakan selama sepekan, mulai hari Senin (7/3/2022) sampai Jumat (11/3/2022). Setiap harinya, ada dua mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Meski dilaksanakan secara daring, peserta didik tetap harus mengedepankan kejujuran, tanggungjawab, serta kedisiplinan selama mengikuti PTS daring tersebut.

Demi kelancaran pelaksanaan PTS daring ini, ada beberapa aturan umum dan aturan khusus yang harus dipatuhi oleh segenap peserta ujian PTS daring. Aturan-aturan tersebut akan dijabarkan lebih lanjut berikut ini.

*

*Aturan Umum PTS Daring Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

  • Siswa harus mempersiapkan diri di depan perangkat ujian (hp/laptop) untuk mengerjakan PAS paling lambat 10 menit sebelum waktu ujian dimulai.
  • Pastikan jaringan internet stabil. Untuk pengguna Wi-Fi disarankan memiliki Paket Data Cadangan agar ketika mati listrik koneksi internet tidak terputus.
  • Siswa tidak diperkenankan membuka catatan, bertanya teman/tutor/orangtua, screenshoot jawaban, atau membuka alat bantu lainnya.
  • Selama ujian berlangsung, siswa diharapkan tidak melakukan spamming/berdiskusi di WA Group dan sebagainya.

*Aturan Khusus PTS Daring Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

  • Sebelum memulai mengerjakan soal, terlebih dahulu akan di-share link Presensi Ujian untuk setiap mapel yang diujikan (maksimal 15 menit sebelum ujian berlangsung dan di dalamnya harus menyertakan Upload Foto Diri Berseragam lengkap—tanda siap mengikuti ujian).
  • Setelah mengisi Presensi, maka akan muncul Token/Password Ujian Mapel terkait. Mohon jangan langsung di-close, harap dicatat dulu Token/Password tersebut.
  • Link soal ujian akan dibagikan 5 menit sebelum ujian dimulai dengan terlebih dahulu mengisi Identitas Diri dan memasukkan Token/Password yang diperoleh saat Presensi Diri.
  • Link Soal Ujian dan Presensi akan otomatis dihapus 15 menit setelah waktu ujian dimulai. Jika terlambat, maka akan mengikuti Ujian susulan.

Demikian informasi seputar pelaksanaan PAS Online semester genap Tahun Ajaran 2021/2022 di SMP IT Masjid Syuhada. Mohon kepada para peserta didik, untuk tetap menjaga kejujuran selama mengerjakan PAS Online ini. Karena kejujuran adalah modal utama dari kesuksesan di masa depan. Semoga, Allah memberikan kemudahan atas ikhtiar yang telah ditempuh dan PTS ini dapat berjalan dengan lancar serta para peserta didik dapat meraih hasil yang optimal. Aamiin.[]