Pelaksanaan PAS Daring Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

  • Wednesday, 8 December 2021
  • 508 views
Pelaksanaan PAS Daring Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

Penilaian Akhir Semester (PAS) semester ganjil di SMP IT Masjid Syuhada dilaksanakan secara online (daring). PAS Online kali ini tidak jauh berbeda dengan ujian-ujian online sebelumnya yang pernah dilaksanakan sekolah. PAS Online ini memakai aplikasi Google Forms dan dikelola oleh 3 orang Admin per jenjang kelasnya.

Guna mendukung kelancaran PAS daring tersebut, peserta didik diharapkan sudah menyiapkan segala perangkat pendukung untuk mengerjakan PAS dari rumah. Perangkat yang bisa dipakai antara lain laptop atau HP (smartphone) yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Jika peserta didik ingin bertanya (tidak terkait dengan jawaban) atau mengalami kendala teknis pada saat pelaksanaan PAS, mereka dapat mengirimkan pesan lewat WA Group yang telah dibuat agar kendala tersebut dapat segera diatasi.

PAS daring semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 ini akan dilaksanakan selama sepekan, mulai hari Jumat (9/12) sampai Jumat (16/12) 2021. Setiap harinya, ada dua mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Meski dilaksanakan secara daring, peserta didik tetap harus mengedepankan kejujuran, tanggungjawab, serta kedisiplinan selama mengikuti PAS daring tersebut.

Demi kelancaran pelaksanaan PAS daring ini, ada beberapa aturan umum dan aturan khusus yang harus dipatuhi oleh segenap peserta ujian PAS daring. Aturan-aturan tersebut akan dijabarkan lebih lanjut berikut ini.

*

Aturan Umum PAS Daring Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

  • Siswa harus mempersiapkan diri di depan perangkat ujian (hp/laptop) untuk mengerjakan PAS paling lambat 10 menit sebelum waktu ujian dimulai.
  • Pastikan jaringan internet stabil. Untuk pengguna Wi-Fi disarankan memiliki Paket Data Cadangan agar ketika mati listrik koneksi internet tidak terputus.
  • Siswa tidak diperkenankan membuka catatan, bertanya teman/tutor/orangtua, screenshoot jawaban, atau membuka alat bantu lainnya.
  • Selama ujian berlangsung, siswa diharapkan tidak melakukan spamming/berdiskusi di WA Group dan sebagainya.

*

Aturan Khusus PAS Daring Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

  • Sebelum memulai mengerjakan soal, terlebih dahulu akan di-share link Presensi Ujian untuk setiap mapel yang diujikan (maksimal 15 menit sebelum ujian berlangsung dan di dalamnya harus menyertakan Upload Foto Diri Berseragam lengkap—tanda siap mengikuti ujian).
  • Setelah mengisi Presensi, maka akan muncul Token/Password Ujian Mapel terkait. Mohon jangan langsung di-close, harap dicatat dulu Token/Password tersebut.
  • Link soal ujian akan dibagikan 5 menit sebelum ujian dimulai dengan terlebih dahulu mengisi Identitas Diri dan memasukkan Token/Password yang diperoleh saat Presensi Diri.
  • Link Soal Ujian dan Presensi akan otomatis dihapus 15 menit setelah waktu ujian dimulai. Jika terlambat, maka akan mengikuti Ujian susulan.

Semoga, Allah memberikan kemudahan atas ikhtiar yang telah ditempuh dan PAS ini dapat berjalan dengan lancar serta para peserta didik dapat meraih hasil yang optimal. Aamiin.[]