(UPDATE) Liputan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila II Bertema Kearifan Lokal

  • Tuesday, 13 December 2022
  • 516 views
(UPDATE) Liputan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila II Bertema Kearifan Lokal

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Proyek P4) kembali dilangsungkan di SMPIT Masjid Syuhada. Pada Proyek P4 kedua ini, tema yang diambil adalah Kearifan Lokal dengan topik utama: “Eksplorasi Empon-Empon“. Proyek P4 kedua rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 13-22 Desember 2022, tidak sampai 4 minggu seperti halnya proyek pertama. Meski waktu pelaksanaannya lebih singkat, kegiatan proyek tetap mendorong para siswa untuk belajar secara aktif, mandiri, kooperatif, kreatif, berpikir kritis, dan mengasah keterampilan menulisnya. Berikut ini ringkasan pelaksanaan Proyek P4 kedua bertema “Kearifan Lokal” di SMPIT Masjid Syuhada.

Selasa (13/12/2022) Orientasi dan Pengarahan Peserta Proyek

Kegiatan proyek diawali dengan orientasi dan pengarahan awal kepada para peserta Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Proyek P4). Dalam kegiatan tersebut, para siswa dikelompokkan bersama siswa yang berbeda dengan proyek sebelumnya. Para siswa juga berkenalan dengan masing-masing fasilitator kelompok. Seperti proyek pertama, setiap kelompok juga membuat yel-yel dalam kegiatan orientasi tersebut.

Selain itu, dalam kegiatan orientasi awal proyek kedua bertema “Kearifan Lokal” tesebut, setiap kelompok mendapat pengarahan dan gambaran umum proyek yang akan dilaksanakan. Proyek P4 kedua ini akan berfokus pada eksplorasi tanaman empon-empon dan akan dilaksanakan hingga 22 Desember 2022 mendatang.

Rabu (14/12/2022): Kunjungan ke Penjual dan Produk Empon-Empon

Pada hari kedua proyek, para siswa melaksanakan kegiatan dari rumah. Para siswa mendapat tugas untuk berkunjung ke pasar tradisional atau toko swalayan mencari penjual dan atau produk olahan empon-empon. Dalam kunjungan tersebut, para siswa juga melakukan wawancara pada penjual empon-empon. Wawancara tersebut ditujukan untuk mengeksplorasi materi tentang jenis-jenis dan manfaat empon-empon bagi masyarakat.

Kamis (15/12/2022): Pembuatan Mading 3D

Setelah melakukan kunjungan ke pasar tradisional dan atau swalayan serta melakukan wawancara terhadap penjual empon-empon, setiap kelompok mengolah data hasil kunjungannya menjadi sebuah mading 3D/realia. Mading tersebut sekiranya dapat memuat bukti foto kunjungan para siswa dan contoh hasil olahan empon-empon. Para siswa diberikan kebebasan dalam berkreasi membuat mading 3D dengan catatan konten yang ditampilkan memuat poin-poin utama dari eksplorasi olahan empon-empon. Mading yang telah selesai dibuat dipresentasikan di depan kelompok yang lain dan dilanjutkan dengan responsi dan refleksi kegiatan hari itu.

Jum’at (16/12/2022): Workshop Pengolahan Empon-Empon

Setelah sebelumnya para siswa telah mendatangi langsung penjual empon-empon dan membeli sejumlah produk olahan empon-empon, kali ini para siswa mendapat workshop dengan materi pengolahan empon-empon. Workshop tersebut dilaksanakan di SMPIT Masjid Syuhada. Narasumber yang dihadirkan dalam acara tersebut adalah Ferry Fachri dan Nafaesya Ikarini, S. Apt. dari PT. Prakasita Sekar Mataram.

Workshop tersebut mengulas materi seputar seluk-beluk tanaman empon-empon yang meliputi ragam, kandungan zat, dan aneka khasiatnya bagi tubuh. Selain itu, narasumber juga turut membimbing dan mendampingi para siswa dalam membuat produk olahan empon-empon. Setiap kelompok mengolah sendiri bahan baku emon-empon yang telah dibawa dengan perkakas memasak yang telah dibawa. Adapun produk yang dibuat para siswa dalam workshop tersebut adalah aneka minuman kesehatan tradisional.

Senin (19/12/2022): Pelatihan Pembuatan Label Produk

Agenda proyek P4 bertema Kearifan Lokal pada hari ini dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan label produk. Seperti yang telah dibahas dalam kegiatan-kegiatan sebelumnya, para siswa akan berfokus pada pembuatan produk olahan dari empon-empon. Produk olahan yang dimaksud tidak hanya berupa barang siap pakai, namun juga harus ditampilkan semenarik mungkin bagi konsumennya. Karena itu, para peserta proyek mendapat pelatihan pembuatan label produk.

Narasumber pembuatan label produk ini adalah Ustadz Taruno dari tim media dan publikasi SMPIT Masjid Syuhada. Ustadz Taruno memaparkan materi seputar program pengolah grafis Corel Draw yang akan dipakai dalam pembuatan produk. Untuk itu, Ustadz Taruno memfasilitasi setiap kelompok dalam melakukan instalasi program Corel Draw pada perangkat laptop dan memberikan penjelasan tentang fitur-fitur esensial dalam program tersebut. Setelah itu, para siswa dipersilahkan mencoba membuat sendiri desain label produk yang dikehendaki dengan perangkat laptop masing-masing.

[]

(Artikel ini masih akan terus diperbarui seiring dengan pelaksanaan Proyek P4 kedua bertema Kearifan Lokal)

.

.

(*) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Proyek P4) merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka. SMPIT Masjid Syuhada sebagai salah satu Sekolah Penggerak di Yogyakarta telah menyiapkan program Proyek P4 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” (sudah terlaksana), “Kearifan Lokal”, dan “Kewirausahaan”. Setiap Proyek P4 akan berfokus pada aktivitas pembelajaran secara aktif, inovatif, kreatif, kooperatif, dan menyenangkan dengan mengintegrasikan berbagai konsep materi lintas mata pelajaran. Diharapkan dari Proyek P4 ini para peserta dapat terlatih untuk berpikir kritis, bersikap kreatif, memiliki daya cipta, menambah minat pada aktivitas literasi, dapat menjadi problem solver, serta lebih peka terhadap isu-isu sosial di lingkungan sekitarnya.