Grand Launching Program Sepekan Bisa Baca Al Qur’an (SBBQ #2) bersama Ustadz Saihul Basyir

  • Monday, 4 April 2022
  • 715 views
Grand Launching Program Sepekan Bisa Baca Al Qur’an (SBBQ #2) bersama Ustadz Saihul Basyir

Sabtu [2/4/2022] lalu, SMP IT Masjid Syubada menggelar Grand launching program Sepekan Bisa Baca Qur’an [SBBQ #2]. Acara ini dilangsungkan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara live melalui kanal Youtube SMP IT Masjid Syuhada.

Program SBBQ ini merupakan rangkaian dari agenda Harlah ke-18 SMP IT Masjid Syuhada. Dalam acara ini, turut hadir Ustadz Saihul Basyir, Lc. sebagai narasumber utama. Saihul Basyir adalah hafidz muda yang pernah juara lomba tahfidz 30 juz se-ASEAN-Pasifik serta penulis buku “Kun Bil Qur’ani Najman

Acara grand launching SBBQ #2 ini dibuka dengan pembacaan Surah Al-Muzammil ayat 1-9 oleh Ananda Nasywa. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMP IT Masjid Syuhada, Ustadzah Meilani Noor Khasanah.

Ustadzah Meilani memberikan sambutan dalam Grand Launching SBBQ #2

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi atas berlangsungnya rangkaian kegiatan peringatan harlah ke-18 SMP IT Masjid Syuhada. Secara khusus, kegiatan SBBQ #2 ini diharapkan dapat menjadi katalisator untuk memperdalam kecintaan kita kepada Al-Qur’an.

Ustadzah Meilani juga mengingatkan bahwa setelah SBBQ #2 ini masih ada agenda Tryout Online bagi siswa kelas 6 SD/MI yang akan dihelat Sabtu (9/4/2022) mendatang. Tak lupa, beliau juga mengajak seluruh warga sekolah dan audience untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan suka cita serta mengisinya dengan memperbanyak amal saleh—khususnya memperdalam kajian Al-Qur’an.

Ustadz Saihul Basyir menunjukkan salah satu buku yang ditulisnya

Memasuki sesi kajian inti, Ustadz Saihul Basyir menyampaikan beberapa poin penting terkait “Kun Bil Qur’ani Najman”—seperti judul buku yang ditulis oleh beliau. Dalam pembahasannya, beliau banyak menyoroti seputar bagaimana upaya kita dalam memahami hakikat Al-Qur’an sedemikian hingga kitab suci tersebut tidak hanya dibaca, dihafal, tapi juga diamalkan dalam kegiatan sehari-hari. Kajian inti kali ini dimoderatori oleh Ustadz Muhammad Fauzan Hanif.

Ustadz Fauzan Hanif memoderatori kajian dari Ustadz Saihul Basyir

Kunci agar bisa mengingat, menghafal, dan mengamalkan Al-Quran, kita harus terlebih dahulu mencintai Al-Qur’an. Di tengah kecanggihan teknologi saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan kita terhadap Al-Qur’an. Media sosial dan Youtube memungkinkan kita mengakses Al-Qur’an beserta ragam pembahasannya. Kita juga bisa mendengarkan murottal Al-Qur’an melalui audio player atau smartphone.

Karenanya, dengan kecanggihan teknologi tersebut, sangat mudah bagi kita untuk senantiasa dekat dengan Al-Qur’an. Jika kedekatan dengan Al-Qur’an sudah terbangun, maka proses membaca, menghafal, dan mengamalkan Al-Quran dapat terintegrasi menjadi bagian dari perwujudan kecintaan kita kepada Al-Qur’an.

Usstadz Saihul Basyir juga menekankan pentingnya peranan dan dukungan orangtua dalam membentuk generasi Qur’ani sejak dari rumah. Minimal, orangtua bisa membantu putra-putrinya untuk mencintai Al-Qur’an, kemudian memfasilitasi untuk menghafal dan mengkaji isi Al-Qur’an tersebut.

Ustadzah Mustaghfiroh memberikan informasi tentang teknis pelaksanaan SBBQ #2

Setelah sesi kajian usai, acara dilanjutkan dengan pengumuman teknis pelaksanaan program SBBQ #2 yang dibacakan oleh Ustadzah Mustaghfirohserta pembacaan daftar pemenang Syuhada Islamic Competition (SIC #3) oleh Ustadz Tarmidzi Taher. Setelah semua rangkaian acara terlaksana, acara grand launching ini diakhiri dengan doa penutup.[]

Adapun acara Grand Launching program SBBQ #2 ini selengkapnya dapat dilihat ulang pada link Youtube berikut ini: