Agenda Apel “PERSEGI” SMP IT Masjid Syuhada

  • 12 January 2021
  • 46 views
Agenda Apel “PERSEGI” SMP IT Masjid Syuhada

Awal semester genap tahun ajaran 2020/2021 ini, SMP IT Masjid Syuhada mengagendakan kegiatan Apel “PERSEGI” (Persiapan Senin Pagi). Apel ini merupakan apel virtual pengganti upacara bendera yang dulu rutin diadakan setiap hari Senin (sebelum pandemi COVID-19).

Apel PERSEGI ini memakai aplikasi Google Meet untuk media tatap muka secara daring. Peserta apel adalah para siswa dari setiap jenjang kelas, dari kelas VII sampai kelas IX. Setiap jenjang kelas mengadakan apel dengan link dan forum yang berbeda—untuk memudahkan pendataan dan pengelolaan jumlah peserta.

Tampilan virtual apel PERSEGI yang diadakan setiap senin pagi

Layaknya upacara bendera senin pagi, apel PERSEGI ini juga dipimpin oleh seorang pemimpin apel serta seorang pembina apel. Setiap apel dipimpin oleh seorang pemimpin apel dan pembina apel.

Pemimpin apel bertugas menjadi semacam “moderator/admin” yang mengelola peserta apel yang mengikuti apel. Pemimpin apel ini merupakan wali kelas yang ditunjuk secara bergilir sesuai dengan jenjang kelas yang diampu. Sementara pembina apel merupakan guru yang ditunjuk secara bergiliran yang bertugas memberikan amanat/nasehat di tengah kegiatan apel virtual tersebut.

Apel PERSEGI ini diawali dengan dzikir dan tadarruz bersama yang dipimpin pemimpin apel. Setelahnya, apel dilanjutkan dengan amanat/nasehat pembina apel dan diakhiri doa bersama. Mengingat durasi apel ditujukan untuk 30 menit saja (pukul 06.50-07.30), maka agenda apel PERSEGI ini dilaksanakan seringkas dan sepadat mungkin agar dapat terlaksana dengan optimal dan informasi-informasi penting yang disampaikan pembina apel tetap dapat tersampaikan kepada para peserta apel.[]