Penyuluhan dan Edukasi Kesehatan di Masa COVID-19

  • Tuesday, 13 July 2021
  • 1,132 view
Penyuluhan dan Edukasi Kesehatan di Masa COVID-19

Senin (12/7) lalu, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan kegiatan penyuluhan bertajuk “Edukasi Kesehatan di Masa COVID-19”. Penyuluhan ini ditujukan bagi segenap peserta didik kelas 8 dan 9 dan dilaksanakan secara daring via Zoom Meeting (bersamaan dengan agenda MPLS bagi peserta didik kelas 7).

Perwakilan tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Gondokusuman tampil sebagai pemateri utama kegiatan penyuluhan tersebut. Topik utama penyuluhan ini secara umum berkisar seputar isu COVID-19 dan upaya pencegahannya.

Agenda penyuluhan ini dirasa penting bagi para peserta didik di tengah pelaksanaan kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) dan lonjakan kasus positif COVID-19. Di satu sisi, kebijakan BDR mengharuskan setiap peserta didik untuk belajar di rumah. Namun, di sisi lain, sangat mungkin peserta didik tidak bisa optimal dalam menjaga diri untuk tetap di rumah, baik karena alasan kebutuhan atau karena kejenuhan. Dampaknya, para peserta didik yang “lalai” dapat terjangkit COVID-19.

Dalam konteks yang lebih luas, penyuluhan ini juga membahas seputar pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Meski belum ada kejelasan kapan pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan, sekolah tetap harus mempersiapkan diri andai kebijakan pembelajaran tatap muka diteken. Diharapkan, dengan penyuluhan ini, segenap warga sekolah dapat teredukasi dan saling bersinergi guna mencegah penyebaran wabah COVID-19 baik di lingkungan sekolahmaupun di rumahmasing-masing.[]