OSIS SMP IT Masjid Syuhada Galang Donasi Sembako

  • Thursday, 14 May 2020
  • 688 views
OSIS SMP IT Masjid Syuhada Galang Donasi Sembako OSIS SMP IT Masjid Syuhada memberi donasi sembako pada warga yang membutuhkan

Manusia adalah makhluk sosial yang harus saling tolong-menolong, tanpa memandang dari sisi mana pun. Terlebih di tengah merebaknya virus Corona seperti saat ini. Status virus Corona sebagai wabah global membuat semua sektor kehidupan masyarakat terdampak. Di satu sisi, masyarakat harus menjaga kesehatan diri dari virus tersebut. Namun, di sisi lain, mereka juga harus mengupayakan kelancaran perekonomiannya di tengah kondisi ekonomi yang semakin lesu.

Karena itu, sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan di tengah pandemi, Rabu (13/5) kemarin, OSIS SMP IT Masjid Syuhada mengadakan aksi donasi sembako di sekitaran kompleks sekolah dan Masjid Syuhada. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh perwakilan OSIS SMP IT Masjid Syuhada beserta guru pendamping OSIS.

Sasaran donasi sembako adalah warga sekitar sekolah dan Masjid Syuhada yang dirasa membutuhkan. Dengan mengendarai mobil, donasi sembako bisa dilakukan hingga sekitaran Bantul. Bantuan diberikan langsung oleh perwakilan anggota OSIS pada warga yang dirasa membutuhkan. Bantuan yang diberikan meliputi bahan-bahan makanan dan kebutuhan pokok (sembako).

Selain ditujukan sebagai bentuk solidaritas dan aksi kemanusiaan, donasi ini juga menjadi sarana melatih mental siswa agar peduli terhadap sesama serta tanggap terhadap isu-isu teraktual yang sedang terjadi di lingkungannya. Apalagi, wabah virus Corona merupakan persoalan kompleks yang tidak bisa diatasi dalam skala solusi individual. Harus ada gerakan sosial bersama dalam rangka menggalang bantuan secara kolektif yang ditujukan pada lapisan masyarakat terdampak.

Begitu pula dengan kegiatan donasi sembako yang digalang OSIS SMP IT Masjid Syuhada ini. Jika dibandingkan dengan besarnya dampak dan korban pandemi virus Corona, donasi ini hanya sebuah kepingan upaya untuk meringankan beban warga di tengah pandemi.

Fokus utama donasi ini memang bukan terletak pada besarnya skala donasi. Alih-alih, pesan yang ingin disampaikan adalah bagaimana kita tetap menjaga rasa kemanusiaan dan solidaritas bersama di tengah ujian pandemi virus Corona. Virus Corona memang bisa merenggut ratusan ribu jiwa sekaligus. Namun, jangan sampai ia juga merenggut rasa kemanusiaan dan solidaritas kita bersama sebagai umat manusia.