Pelaksanaan Ujian Sekolah Luring Tahun Ajaran 2020/2021

  • 26 April 2021
  • 160 views
Pelaksanaan Ujian Sekolah Luring Tahun Ajaran 2020/2021

Berselang tiga pekan setelah pelaksanaan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD), SMP IT Masjid Syuhada melaksanakan Ujian Sekolah (USEK) untuk tahun ajaran 2020/2021. Ujian Sekolah tersebut berlangsung selama satu minggu, mulai tanggal 26 April – 3 Mei 2021.

Berbeda dengan ASPD yang dilaksanakan secara daring, Ujian Sekolah kali ini memakai sistem luring di mana siswa langsung mengerjakan soal dengan lembar jawaban yang telah disediakan. Mengingat situasi darurat COVID-19 masih diberlakukan, penyelenggaraan ujian sekolah ini dilakukan secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Para peserta didik wajib memakai masker dan harus rutin melakukan cuci tangan serta diukur suhu tubuhnya sebelum mengikuti ujian. Jumlah peserta yang mengikuti ujian dibagi dalam sistem shift untuk mengurangi kerumunan siswa. Shift pertama dimulai pukul 07.30-10.15 dan shift kedua dimulai pukul 09.00-11.15. Jatah shift para peserta ujian akan dirotasi agar lebih adil.

Untuk ujian sekolah kali ini, ruang kelas yang dipakai adalah ruang kelas 9B, 9C, 9D, 8A, 8B, 8C, 8D, 7A, dan 7B. Ruang ujian dikondisikan sedemikian rupa agar jarak antar peserta ujian tidak saling berdekatan (lebih dari 1  meter). Agar lebih terlindung, setiap peserta ujian menempati ruang ujian yang sama (tidak berganti-ganti ruang) agar tidak bertukar ruang yang beresiko (kecuali siswa yang terlambat atau mendapat kebijakan khusus dari panitia). Ruang ujian selalu disterilkan dengan disinfektan, sebelum dan sesudah pemakaian oleh pihak panitia.

Selain itu, panitia juga telah mengatur teknis penjemputan siswa. Siswa yang telah selesai mengerjakan ujian tidak diperkenankan meninggalkan ruang ujian terlebih dahulu sebelum ada konfirmasi penjemputan dari panitia. Adapun pihak panitia telah memfasilitasi handy-talkie (HT) untuk memperlancar komunikasi agar konfirmasi penjemputan lebih efektif (terutama untuk mengakomodasi peserta dan pengawas yang berada di ruang ujian lantai 3).

Semoga pelaksanaan Ujian Sekolah kali ini berjalan lancar dan para siswa dapat meraih hasil yang optimal seperti yang diharapkan. Aamiin…[]