Pelaksanaan Ujian Sekolah Online di Tengah Pandemi COVID-19

  • Monday, 4 May 2020
  • 1,360 view
Pelaksanaan Ujian Sekolah Online di Tengah Pandemi COVID-19

Mewabahnya virus Corona (COVID-19) dan diperpanjangnya kebijakan karantina wilayah oleh pemerintah turut berimbas pada pelaksanaan ujian sekolah kali ini. Untuk mengakomodasi kondisi yang ada, ujian sekolah untuk tahun ajaran 2019/2020 memakai sistem online. Ujian sekolah online tersebut diagendakan pelaksanaannya mulai tanggal 4-12 Mei 2020.

Secara teknis, ujian sekolah dilakukan dengan memakai bantuan Google Forms. Platform tersebut dipilih karena dinilai paling mudah dipakai dan diakses seluruh peserta didik. Para peserta didik mengerjakan ujian sekolah online ini dari rumah. Agar mirip dengan ujian yang sesungguhnya (real time), ujian sekolah online kali ini memakai sistem token dan batasan waktu. Token akan dibagikan sepuluh menit jelang waktu ujian. Sedangkan segala bentuk komunikasi antara panitia ujian dan peserta didik difasilitasi lewat grup Whatsapp dan dimoderatori wali kelas.

Untuk mengantisipasi kecurangan atau kerjasama antarpeserta didik, soal-soal ujian telah diacak (shuffled) sebelumnya. Sebelum memulai ujian, para peserta didik kelas IX diminta untuk menguggah swafoto setengah badan dengan seragam OSIS rapi, syar’i, dan sopan. Selain untuk tujuan formalitas, swafoto tersebut juga untuk menunjukkan kesiapan peserta didik dalam mengikuti ujian serta dilakukan masing-masing dua kali, sebelum dan seusai mengerjakna ujian.

Pengerjaan ujian sekolah diakses dari rumah peserta didik masing-masing. Peserta didik disarankan untuk memakai laptop agar proses pengerjaan ujian lebih mudah. Untuk keperluan presensi, token, dan link naskah ujian akan dibagikan lebih lanjut via grup Whatsapp.

Akhir kata, kepada para peserta didik, selamat menempuh ujian sekolah ini. Semoga sukses. Dan kerjakan ujian ini dengan penuh kejujuran.